PENGARUH PENGGUNAAN KREDIBILITAS INFLUENCER DALAM KAMPANYE CALON PRESIDEN TERHADAP PARTISIPASI POLITIK PEMILIH MUDA PADA PEMILU 2024 (Studi Eksplanatif Kuantitatif Penggunaan Kredibilitas Raffi Ahmad Pada Pemilih Muda Generasi Z)

Kuspradiyanto, Yosafat Bayu (2024) PENGARUH PENGGUNAAN KREDIBILITAS INFLUENCER DALAM KAMPANYE CALON PRESIDEN TERHADAP PARTISIPASI POLITIK PEMILIH MUDA PADA PEMILU 2024 (Studi Eksplanatif Kuantitatif Penggunaan Kredibilitas Raffi Ahmad Pada Pemilih Muda Generasi Z). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Yosafat Bayu Kuspradiyanto)
200907354.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keterlibatan influencer dalam proses kampanye calon presiden Pemilu 2024 menjadi fenomena sosial yang menarik dalam pembahasan isu politik. Terlebih, pembeda dalam Pemilu 2024 ini terletak pada demografi pemilih yang didominasi oleh generasi muda. Raffi Ahmad menjadi salah satu influencer yang cukup menyita perhatian publik saat didapuk sebagai tim kampanye salah satu calon presiden. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan kredibilitas Raffi Ahmad dalam kampanye terhadap partisipasi politik pemilih muda pada Pemilu 2024. Penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan kuesioner sebagai pengumpul data. Berdasarkan hasil uji regresi menunjukkan ada pengaruh positif dari penggunaan kredibilitas Raffi Ahmad dan terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi politik pemilih muda.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: influencer, kampanye, politik, Raffi Ahmad, teori kredibilitas sumber
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 29 Nov 2024 09:23
Last Modified: 29 Nov 2024 09:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32994

Actions (login required)

View Item View Item