Kuspradiyanto, Yosafat Bayu (2024) PENGARUH PENGGUNAAN KREDIBILITAS INFLUENCER DALAM KAMPANYE CALON PRESIDEN TERHADAP PARTISIPASI POLITIK PEMILIH MUDA PADA PEMILU 2024 (Studi Eksplanatif Kuantitatif Penggunaan Kredibilitas Raffi Ahmad Pada Pemilih Muda Generasi Z). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
Text (Yosafat Bayu Kuspradiyanto)
200907354.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Keterlibatan influencer dalam proses kampanye calon presiden Pemilu 2024 menjadi fenomena sosial yang menarik dalam pembahasan isu politik. Terlebih, pembeda dalam Pemilu 2024 ini terletak pada demografi pemilih yang didominasi oleh generasi muda. Raffi Ahmad menjadi salah satu influencer yang cukup menyita perhatian publik saat didapuk sebagai tim kampanye salah satu calon presiden. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan kredibilitas Raffi Ahmad dalam kampanye terhadap partisipasi politik pemilih muda pada Pemilu 2024. Penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan kuesioner sebagai pengumpul data. Berdasarkan hasil uji regresi menunjukkan ada pengaruh positif dari penggunaan kredibilitas Raffi Ahmad dan terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi politik pemilih muda.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | influencer, kampanye, politik, Raffi Ahmad, teori kredibilitas sumber |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 09:23 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 09:23 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32994 |
Actions (login required)
View Item |