Gauwtama, Theresa Hartawan (2024) ANALISIS PENGARUH FINANCIAL LITERACY TERHADAP OVERCONFIDENCE DAN AVAILABILITY BIAS. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
Text (Theresa Hartawan Gauwtama)
200325444_Bab 0.pdf Download (561kB) |
|
Text
200325444_Bab 1.pdf Download (393kB) |
|
Text
200325444_Bab 2.pdf Download (458kB) |
|
Text
200325444_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
|
Text
200325444_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) |
|
Text
200325444_Bab 5.pdf Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi mendorong peningkatan minat masyarakat terhadap investasi, namun kompleksitas informasi yang berlimpah membawa tantangan bagi investor dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh financial literacy terhadap dua bias kognitif, yaitu overconfidence bias dan availability bias. Metode yang digunakan adalah penyebaran kuesioner secara online melalui Google form dengan total 105 responden. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan perangkat statistik SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara literasi keuangan dan kedua bias kognitif tersebut. Semakin tinggi pemahaman individu tentang konsep literasi keuangan, maka perilaku bias seperti overconfidence bias dan availability bias akan semakin berkurang. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi investor dan pemangku kebijakan untuk meningkatkan literasi keuangan sebagai langkah preventif dalam pengambilan keputusan investasi, terutama di tengah pasar yang semakin kompleks dan tak terduga.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | financial literacy, availability bias, overconfidence bias |
Subjects: | Manajemen > Keuangan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Editor 5 uajy |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 13:59 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 13:59 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33019 |
Actions (login required)
View Item |