PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI SARANA PROMOSI AKTIVITAS KEGIATAN KAMPUS PADA AKUN FISIP UAJY YOGYAKARTA

Rajo, Gloria Yotia (2024) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI SARANA PROMOSI AKTIVITAS KEGIATAN KAMPUS PADA AKUN FISIP UAJY YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Gloria Yotia Rajo)
181006594_Bab 0.pdf

Download (521kB)
[img] Text
181006594_Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
181006594_Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
181006594_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text
181006594_Bab 4.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan media sosial Tiktok sebagai sarana promosi aktivitas kegiatan kampus oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Platform ini dipilih untuk menargetkan calon mahasiswa, karena banyak dari mereka yang menggunakan Tiktok dan juga pada masa COVID-19 ketika Tiktok sedang populer dan menjadi viral. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Tiktok dalam mempromosikan aktivitas kampus dan meningkatkan reputasi institusi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah, pemanfaatan, media sosial, Tiktok, dan promosi. Dengan menggunakan metode kualitatif, data diperoleh melalui wawancara dan observasi terhadap akun Tiktok @Fisipuajy yang mulai aktif sejak tahun 2023. Sejarah Fisip dan awal mula penggunaan Tiktok oleh FISIP UAJY, serta pertimbangan strategis dalam memilih platform ini sebagai alat promosi. Hasil akhir dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan media sosial Tiktok secara efektif telah berhasil meningkatkan efektivitas dan reputasi institusi kampus FISIP UAJY. Fisip UAJY memilih untuk memanfaatkan Tik Tok karena banyak dari calon mahasiswa yang menggunakan media sosial TikTok. Dimana TikTok mempunyai audiens yang lebih mencari fun, tidak yang terlalu kaku, dan tidak yang terlalu mencari informasi. Sehingga konten-konten yang Fisip UAJY bagikan di TikTok itu tidak se-formal di media sosial yang lain. Sehingga konten yang dibagikan mendapat respon positif, apalagi dengan adanya fitur unik yang disediakan oleh Tiktok seperti hashtag, efek khusus, dan musik digunakan untuk membuat konten menjadi menarik dan memperkenalkan identitas kampus melalui konten yang relevan dan menarik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Media Sosial Tik Tok, Promosi
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 03 Dec 2024 08:02
Last Modified: 03 Dec 2024 08:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33022

Actions (login required)

View Item View Item