Perancangan Struktur Jembatan Sardjito II Yogyakarta

Seubelan, Albert Louis (2009) Perancangan Struktur Jembatan Sardjito II Yogyakarta. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS12171.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS12171.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS12171.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS12171.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS12171.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5TS12171.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Dalam mendesain suatu struktur tidak hanya menuntut kemampuan dalam menghitung, namun juga memperhatikan aspek kekuatan dan keamanannya. Standar Perencanaan Struktur Beton Untuk Jembatan SNI 03-6152-2002 dan Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Jembatan Jalan Raya SNI 03-2833- 1992, digunakan sebagai acuan perencanaan dalam menyusun Tugas Akhir ini. Jembatan yang dirancang merupakan jembatan pelengkung beton bertulang (arch bridge) dengan tipe true arch. Jembatan yang dirancang memiliki panjang bentang total sepanjang 145 meter yang terletak pada wilayah gempa 3. Permasalahan yang diambil adalah perancangan elemen – elemen struktur atas dan bawah jembatan. Analisis struktur menggunakan program komputer SAP 2000 V.11. Struktur dimodelkan sebagai open frame tiga dimensi. Perancangan struktur struktur jembatan tersebut meliputi perancangan pelat, balok, kolom, dinding struktural, balok pelengkung, abutment dan fondasi. Perencanaanya meliputi kebutuhan akan tulangan lentur, geser dan torsi. Sedang beban yang dianalisis meliputi beban mati, beban hidup, beban kejut, beban akibat tekanan tanah, beban angin, beban rem, beban akibat perbedaan suhu, beban rangkak dan susut, beban gesekan pada tumpuan – tumpuan bergerak dan beban akibat gempa bumi. Dari hasil perancangan, dihasilkan berbagai variasi dimensi dan penulangan untuk masing – masing elemen struktur yang dalam analisis telah memenuhi syarat kekuatan dan keamanan struktur. Untuk pelat lanyai kendaraan digunakan pelat dengan tebal 250 mm. Untuk balok digunakan 4 buah tipe balok dengan dimensi dan penulangan yang berbeda – beda. Untuk kolom terdiri dari 2 buah tipe dengan dimensi 800 mm x 800mm (K1) dan 1000 mm x 1000 mm (K2). Elemen balok pelengkung berdimensi 1000 mm x 1750 mm. Untuk dinding struktural digunakan dinding dengan tebal 400 mm. Pada bagian struktur bawah, untuk struktur abutment digunakan 3 buah fondasi sumuran berdiameter 3 meter dan untuk fondasi utama jembatan menggunakan fondasi bored pile dengan jumlah 40 tiang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jembatan, balok pelengkung, true arch, beban jembatan
Subjects: Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Jul 2013 10:14
Last Modified: 22 Jul 2013 10:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3305

Actions (login required)

View Item View Item