DAMPAK KENAIKAN PPN TERHADAP PENJUALAN PERUSAHAAN SEKTOR PERDAGANGAN DI BEI TAHUN 2021-2022

Angela, Celine (2024) DAMPAK KENAIKAN PPN TERHADAP PENJUALAN PERUSAHAAN SEKTOR PERDAGANGAN DI BEI TAHUN 2021-2022. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Celine Angela)
200425314_bab 0.pdf

Download (487kB)
[img] Text
200425314_bab 1.pdf

Download (397kB)
[img] Text
200425314_bab 2.pdf

Download (414kB)
[img] Text
200425314_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
200425314_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
200425314_bab 5.pdf

Download (479kB)

Abstract

Undang-Undang Nomor 7 Pasal 7 Tahun 2021 mengatur kenaikan pajak pertambahan nilai dari 10% menjadi 11% pada 1 April 2022 dan menjadi 12% pada 1 Januari 2025. Aturan tersebut diundangkan pada 29 Oktober 2021 dengan waktu kenaikan sekitar 5 bulan menjadi 11% dan membutuhkan waktu lebih dari 3 tahun untuk menjadi 12%. Salah satu alasan pemberian jeda waktu ini adalah untuk mempersiapkan sistem Direktorat Jenderal Pajak untuk mengakomodasi perubahan tarif, sistem TI, dan regulasi. Perbedaan jeda waktu implementasi yang lama juga dapat berdampak pada praktik perpajakan perusahaan. Kenaikan sebesar 1% dari tarif sebelumnya akan berdampak pada peningkatan biaya atau harga Barang Kena Pajak atau Jasa Kena Pajak yang diberikan kepada perusahaan. Apalagi penerapannya akan dilakukan pada tahun 2022 yang merupakan tahun berat bagi perekonomian perusahaan. Penelitian ini mengkaji dampak perpajakan akibat perubahan tarif PPN. Kenaikan PPN 1% merupakan jumlah yang signifikan bagi perusahaan. Jeda waktu pelaksanaan yang lama memberikan peluang bagi perusahaan untuk melakukan trade off pajak, salah satunya melalui peralihan omzet dari masa setelah kenaikan PPN ke sebelum kenaikan PPN. Perusahaan akan mempunyai kecenderungan untuk meningkatkan penjualan pada periode sebelum kenaikan PPN dibandingkan harus membayar PPN yang lebih tinggi akibat kenaikan PPN. Penelitian ini menggunakan data perusahaan dagang di Bursa Efek Indonesia, dengan menganalisis sebelum dan sesudah kenaikan PPN. Hasil penelitian akan membuktikan adanya praktik trade off pajak PPN yang dilakukan perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pajak Pertambahan Nilai, trade off pajak, sales shifting, penjualan, kenaikan PPN.
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 05 Dec 2024 08:24
Last Modified: 05 Dec 2024 08:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33056

Actions (login required)

View Item View Item