PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN RAMAH LINGKUNGAN TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN RAMAH LINGKUNGAN: STUDI PADA PRODUK SUSU UHT ULTRA MILK

Audrey, Hugo (2024) PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN RAMAH LINGKUNGAN TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN RAMAH LINGKUNGAN: STUDI PADA PRODUK SUSU UHT ULTRA MILK. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Hugo Audrey)
200325925_Bab 0.pdf

Download (860kB)
[img] Text
200325925_Bab 1.pdf

Download (543kB)
[img] Text
200325925_Bab 2.pdf

Download (633kB)
[img] Text
200325925_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text
200325925_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text
200325925_Bab 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi pemasaran ramah lingkungan (komunikasi pemasaran ramah lingkungan ) terhadap perilaku pembelian ramah lingkungan. Dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap isu-isu lingkungan, perusahaan dituntut untuk menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang berkelanjutan dan ramah lingkungan guna menarik konsumen yang peduli terhadap lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 98 responden. Responden terdiri dari konsumen yang sudah pernah melakukan pembelian produk susu UHT Ultra Milk. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana dan regresi linier berganda untuk melihat hubungan antara variabel komunikasi pemasaran ramah lingkungan dan perilaku pembelian ramah lingkungan. Serta pengaruh karakteristik konsumen seperti jenis kelamin, sikap ramah lingkungan, dan tingkat pendidikan terhadap perhatian konsumen pada komunikasi pemasaran ramah lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran ramah lingkungan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku pembelian ramah lingkungan. Konsumen yang mendapatkan informasi yang jelas, edukatif, dan persuasif mengenai manfaat produk ramah lingkungan khususnya produk susu UHT Ultra Milk dan lebih cenderung untuk melakukan pembelian yang sesuai dengan nilai-nilai keberlanjutan. Faktor-faktor karakteristik konsumen seperti jenis kelamin, dan tingkat pendidikan tidak memiliki pengaruh terhadap perhatian konsumen pada komunikasi pemasaran ramah lingkungan tetapi ditemukan sikap ramah lingkungan konsumen berperan penting terhadap perhatian konsumen pada komunikasi pemasaran ramah lingkungan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi pemasaran ramah lingkungan, Perilaku Pembelian Ramah Lingkungan
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 5 uajy
Date Deposited: 10 Dec 2024 08:49
Last Modified: 10 Dec 2024 08:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33129

Actions (login required)

View Item View Item