Putra, Vinsensius Kurniawan Isa Purnomo (2024) USULAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN CUCI SEPATU DI PARACHUTE CLEAN. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
Text (Vinsensius Kurniawan Isa Purnomo Putra)
170609333_Bab 0.pdf Download (437kB) |
|
Text
170609333_bab 1.pdf Download (288kB) |
|
Text
170609333_bab 2.pdf Download (564kB) |
|
Text
170609333_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
|
Text
170609333_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
|
Text
170609333_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
|
Text
170609333_bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
|
Text
170609333_bab 7.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
170609333_bab 8.pdf Download (535kB) |
Abstract
Parachute Clean, merupakan salah satu usaha bisnis yang bergerak pada industri jasa perawatan dan pencucian sepatu. Usaha yang didirikan pada tahun 2022 ini berlokasi di Tukangan, Kelurahan TegalPanggung, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta. Parachute Clean memberikan pelayanan pencucian sepatu, tas dan topi. Parachute Clean perlu melakukan pengukuran terhadap kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen karena terdapat keluhan dari konsumen terkait pelayanan yang diberikan. Keluhan konsumen meliputi waktu pengerjaan yang lama dan kurangnya informasi mengenai jenis perawatan sepatu. Penelitian dilakukan dengan tujuan meningkatkan pelayanan karena dilihat dari semakin banyaknya persaingan usaha di bidang pencucian sepatu. Penelitian ini menggunakan metode Service Quality guna mengetahui seberapa besar kesenjangan tingkat kepuasan dan tingkat harapan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsumen yang pernah menggunakan jasa cuci sepatu di Parachute Clean serta menggunakan metode Importance Performance Analysis guna mendapatkan prioritas perbaikan yang akan dilakukan. Tahapan penelitian dimulai dari penyebaran kuesioner didapat 103 responden. Kemudian dilakukan perhitungan Service Quality untuk menentukan Gap Score untuk mengetahui kesenjangan antara tingkat kepuasan dan tingkat harapan. Hasil perhitungan Gap Score didapat dengan total gap sebesar -3,17 dan rata- rata gap sebesar -0.16. Setelah didapatkan Gap Score dimasukkan kedalam kuadran analisis Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui atribut-atribut yang menjadi prioritas utama. Atribut- atribut yang menjadi prioritas utama perlu ditingkatkan dan diberikan usulan perbaikan. Atribut yang berada di kuadran I kemudian diberikan rancangan perbaikan seperti pengadaan peralatan baru dan perancagan daftar harga baru. Hasilnya, setelah dilakukan implementasi, nilai kepuasan yang diberikan konsumen meningkat 13,5% dari nilai kepuasan awal 3,48 menjadi 3,95. Hal ini sesuai dengan tujuan di awal yaitu meningkatkan penilaian sebesar 10%
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Cuci Sepatu, Service Quality, Importance Performance Analysis |
Subjects: | Teknik Industri > Produksi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 13:12 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 13:12 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33241 |
Actions (login required)
View Item |