PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DAUN PINTU MOTIF UKIR DI UMKM KAJENGJAWI

Rodrigo, Rafael (2024) PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DAUN PINTU MOTIF UKIR DI UMKM KAJENGJAWI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Rafael Rodrigo)
200610707_Bab 0.pdf

Download (213kB)
[img] Text
200610707_bab 1.pdf

Download (213kB)
[img] Text
200610707_bab 2.pdf

Download (492kB)
[img] Text
200610707_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
200610707_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
200610707_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
200610707_bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img] Text
200610707_bab 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[img] Text
200610707_bab 8.pdf

Download (1MB)

Abstract

UMKM Kajengjawi merupakan sebuah unit usaha di Yogyakarta yang bergerak di bidang industri kerajinan tradisional berbahan dasar kayu. Daun pintu motif ukir merupakan produk utama dikarenakan lebih banyak menjangkau konsumen dibandingkan dengan produk lainnya, sehingga UMKM Kajengjawi mengutamakan penjualan produk daun pintu motif ukir. Berdasarkan observasi, diketahui apabila dalam sebulan hanya terdapat 1-4 kali closing sales atau penjualan daun pintu. Kondisi tersebut menandakan UMKM Kajengjawi mengalami keadaan Loss Opportunities atau kegagalan menjualkan produk kepada calon konsumen. Berdasarkan analisis akar masalah dan pemilihan solusi, UMKM Kajengjawi menggunakan metode pemasaran Social Media Marketing (SMM) atau pemasaran secara digital. Perancangan SMM dilandaskan oleh strategi pemasaran SWOT, Marketing Mix 4P, dan Segmenting, Targeting, Positioning (STP) yang kemudian diuji menggunakan regresi linear berganda. Regresi linear berganda bertujuan untuk membuktikan apabila bauran pemasaran (4P) seperti produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh terhadap peningkatan penjualan. Hasil regresi linear berganda menunjukan apabila bauran pemasaran Place, Price, dan Promotion merupakan yang paling berpengaruh signifikan secara positif terhadap peningkatan penjualan, sehingga penelitian dilanjutkan dengan perancangan metode pemasaran. Implementasi metode pemasaran (SMM) dilakukan pada platform Instagram @kajengjawi.id selama 30 hari. Hasil implementasi menunjukan kenaikan traffic media sosial seperti jangkauan akun sebesar 31.505%, dan kenaikan interaksi audiens sebesar 300%. Peneliti juga memberikan buku pedoman SMM dan pelatihan SMM kepada sales agar implementasi dapat berlangsung secara bekelanjutan. Hasil implementasi juga berhasil meningkatkan penjualan daun pintu motif ukir sebesar Rp.13.500.000 atau 58% dari pada periode penjualan sebelumnya pada Bulan Oktober Tahun 2022, hingga Februari 2024 yaitu sebesar Rp.8.554.411.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: social media marketing, regresi linear berganda, marketing mix 4P, loss opportunities
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 20 Dec 2024 09:59
Last Modified: 20 Dec 2024 09:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33265

Actions (login required)

View Item View Item