PERANCANGAN DESAIN ANTARMUKA WEBSITE DINAS PARIWISATA KABUPATEN KUTAI TIMUR DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN

PALIMBONG, INDRA WIRANATHA (2024) PERANCANGAN DESAIN ANTARMUKA WEBSITE DINAS PARIWISATA KABUPATEN KUTAI TIMUR DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya.

[img] Text (INDRA WIRANATHA PALIMBONG)
180709664_bab 0.pdf

Download (562kB)
[img] Text
180709664_bab 1.pdf

Download (302kB)
[img] Text
180709664_bab 2.pdf

Download (354kB)
[img] Text
180709664_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
180709664_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
180709664_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
180709664_bab 6.pdf

Download (292kB)

Abstract

Antarmuka pengguna merupakan antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan suatu sistem. Antarmuka yang baik ataupun bagus menjadi tolok ukur berhasilnya suatu sistem. Akan tetapi, masalah seperti desain tata letak yang tidak sesuai, kurang rapi, dan kurang menarik masih banyak terjadi, sehingga membuat pengguna memerlukan waktu yang lama dalam mengakses suatu sistem. Salah satu website yang mengalami masalah serupa yaitu website resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Timur. Sehubungan dengan itu, penelitian ini dilakukan guna menyelesaikan permasalahan yang terjadi dengan melakukan perancangan desain antarmuka website Dispar Kabupaten Kutai Timur. Penelitian ini menggunakan metode User Centered Design, yang akan melibatkan pengguna dengan cara mengisi kuesioner maupun wawancara. Tujuannya agar antarmuka yang dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna serta meningkatkan usability website. Dengan adanya rancangan antarmuka yang baru pada website Dispar Kabupaten Kutai Timur, pengguna mudah mengakses website. Hasil penelitian ini menunjukkan level usability rancangan antarmuka yang baru meningkat, dimana nilai rata-rata pada desain awal 0,401 dengan level usability Moderate dan pada desain solusi nilai rata�rata 0.874 yang termasuk pada level usability Excellent, dan dalam penyelesaian tes tugas desain lama memerlukan waktu selama 144.8 detik, sedangkan desain solusi hanya memerlukan waktu 77.2 detik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan hasil rancangan antarmuka berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Antarmuka, Website, Metode UCD, Dispar.
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Jan 2025 09:38
Last Modified: 03 Jan 2025 14:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33288

Actions (login required)

View Item View Item