PERAMALAN KEBUTUHAN OLI MESIN UNTUK MENGURANGI UNDERSTOCK PADA BENGKEL CV. SUMBER BARU MOTOR YAMAHA CABANG AMBARUKMO

Harjanto, Stevanus Richard Wicaksono (2024) PERAMALAN KEBUTUHAN OLI MESIN UNTUK MENGURANGI UNDERSTOCK PADA BENGKEL CV. SUMBER BARU MOTOR YAMAHA CABANG AMBARUKMO. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Stevanus Richard Wicaksono Harjanto)
200610949_Bab 0.pdf

Download (399kB)
[img] Text
200610949_bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
200610949_bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
200610949_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[img] Text
200610949_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[img] Text
200610949_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
200610949_bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
200610949_bab 7.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pemakaian sepeda motor di kehidupan sehari-hari, membuat pengguna harus merawat kendaraan tersebut. Perawatan tersebut dapat dilakukan di bengkel, salah satu bengkel tersebut adalah CV Sumber Baru Motor cabang Ambarukmo. Bengkel ini melayani perawatan/servis, penjualan suku cadang, dan konsultasi. Dalam operasional bengkel, terdapat beberapa permasalahan seperti kekurangan suku cadang penting atau understock, pengawasan yang kurang baik, stok gudang yang tidak tertata. Hal tersebut, mengakibatkan operasional bengkel terhambat dan keuntungan menjadi menurun. Solusi yang diambil dalam menyelesaikan permasalahan tersebut adalah menentukan jumlah pesan suku cadang oli mesin. Proses ini dibagi menjadi enam tahapan meliputi: penentuan suku cadang penting yang diteliti, pengambilan dan analisis data bengkel, pembuatan peramalan masing-masing jenis suku cadang, analisis peramalan terpilih, pembuatan manajemen stok suku cadang, dan analisis manajemen suku cadang. Hasil perencanaan implementasi menggunakan aplikasi excel untuk bulan Januari 2024-Maret 2024 menunjukan bahwa terjadi pengurangan terjadinya frekuensi understock yang awalnya berjumlah 14 kali menjadi 3 kali dan rata-rata persentase jumlah produk understock dibandingkan dengan jumlah pembelian oli mesin yang awalnya 2,61% menjadi 0,67%. Selain itu, terjadi penghematan biaya pengiriman dari supplier ke bengkel sebesar Rp.700.000,00 dari biaya awal Rp.1.300.000,00 menjadi Rp.600.000,00. Hal ini membuat Critical Sucess Factor (CSF) untuk mengurangi rata-rata persentase terjadinya jumlah understock dibandingkan dengan jumlah permintaan oli mesin di bawah 1% telah tercapai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Suku Cadang Sepeda Motor, Oli Mesin, Understock, Peramalan, Manajemen Stok.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 03 Jan 2025 10:15
Last Modified: 03 Jan 2025 10:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33295

Actions (login required)

View Item View Item