Pembangunan Game Puzzle Gambar Wayang

Joanes, Manuel Abelardo (2024) Pembangunan Game Puzzle Gambar Wayang. S1 thesis, Universitas Atma Jaya.

[img] Text (MANUEL ABELARDO JOANES)
190710362_bab 0.pdf

Download (614kB)
[img] Text
190710362_bab 1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
190710362_bab 2.pdf

Download (217kB)
[img] Text
190710362_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
190710362_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
190710362_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
190710362_bab 6.pdf

Download (321kB)

Abstract

Wayang merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang kaya akan nilai sejarah. Namun, seiring perkembangan zaman terutama dalam era digital ini, pemahaman minat generasi muda terhadap wayang semakin menurun. Anak-anak dan remaja, yang lebih banyak terpapar teknologi modern, cenderung kurang mengenal nilai-nilai budaya tradisional ini. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran akan punahnya pemahaman generasi mendatang tentang wayang sebagai bagian penting dari kebudayaan Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan sebuah media pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan menarik agar generasi muda dapat lebih mudah menerima dan memahami budaya warisan leluhur ini. Di tengah menurunnya minat generasi muda terhadap warisan budaya seperti wayang, upaya untuk memperkenalkan kembali budaya ini melalui pendekatan yang lebih menarik menjadi semakin penting. Salah satu bentuk upaya tersebut adalah pengembangan aplikasi game berbasis puzzle yang memberikan pengalaman belajar yang interaktif, memadukan kesenangan bermain dengan nilai�nilai edukatif. Dibangun menggunakan tools Unity dan Visual Studio Code, game ini tidak hanya menampilkan permainan puzzle, tetapi juga dilengkapi dengan mini�game yang dirancang untuk menjaga variasi dan menarik minat pemain. Setiap puzzle yang selesai disusun akan memunculkan informasi mengenai tokoh wayang, sehingga anak-anak dapat belajar lebih banyak tentang budaya Indonesia sambil bermain. Hasil uji coba terhadap pengguna menunjukkan bahwa game ini efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman anak-anak terhadap budaya wayang. Game ini memperoleh nilai skor rata-rata 81,12% yang didapatkan dari seluruh pertanyaan dengan menggunakan rumus Skala Likert. Feedback yang diperoleh dari responden menunjukkan bahwa game ini tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga mendidik, dengan tampilan visual yang menarik dan gameplay yang mudah dipahami oleh target pengguna.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Game, wayang, puzzle, Unity, Visual Studio Code
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Jan 2025 12:28
Last Modified: 03 Jan 2025 12:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33305

Actions (login required)

View Item View Item