Prakosa, Bagas (2022) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS : PERANCANGAN ANGGARAN BIAYA DAN WAKTU GUDANG OBAT KECAMATAN KENYAM, KABUPATEN NDUGA, PAPUA). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
![]() |
Text (Bagas Prakosa)
180217174_Bab 0.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
180217174_Bab 1.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
180217174_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (904kB) |
![]() |
Text
180217174_Bab 3.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pada era globalisasi, pembangunan bersifat repetitif dan menjadi prioritas. Pembangunan berskala besar dan sistematis terjadi di hampir semua sektor. Dan salah satunya adalah infrastruktur. Pengetahuan dan pengalaman diperlukan untuk merespon pesatnya perkembangan infrastruktur. Laporan ini menggambarkan kolaborasi pengetahuan dan pengalaman sebagai sarana untuk menjadi mahir dalam desain dan komputasi sebagai salah satu cara untuk mengikuti perkembangan infrastruktur. Pada penulisan laporan kali ini menekankan empat praktik perancangan; yaitu (1) Praktik perancangan bangunan gedung, (2) Praktik perancangan jalan, (3) Praktik perancangan bangunan air dan, (4) Praktik manajemen biaya dan waktu. Praktik-praktik yang dilakukan memiliki capaian dan tujuan yang berbeda-beda. Praktik perancangan bangunan gedung menggunakan data dan standar acuan yang diberikan oleh dosen pembimbing untuk pekerjaan SNI yang digunakan dalam perhitungan atap, perhitungan tangga, perhitungan plat atap dan lantai, perhitungan balok, perhitungan kolom, perhitungan pondasi yang akan selanjutnya dilanjutkan dengan permodelan 3D dengan bantuan software ETABS. Perhitungan tersebut menitikberatkan pada keamanan struktur gedung dengan menggunakan angka yang aman dari setiap perhitungan struktur. Oleh karena itu dapat ditentukannya profil-profil dan material yang akan digunakan pada struktur banguanan ini. Selain itu, praktik perancangan jalan mempunyai tujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk melakukan survei jalan yang bertujuan mendapatkan volume lalu lintas, waktu tempuh, kerusakan jalan, kelengkapan jalan, serta kondisi lingkungan jalan yang akan di survei. Praktik perancangan jalan juga memiliki tujuan agar mahasiswa dapat berfikir kritis tentang memberikan solusi yang dapat dipertimbangkan apabila menemukan masalah di ruas dan area jalan. Dalam praktik ini, jalan yang di survei adalah Jalan Pandean Sari yang berlokasi di Condong Catur, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang 100 meter. Selanjutnya praktik perancangan bangunan air. Praktik perancangan bangunan air ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk bisa merancang bendung Mrican yang terletak di Desa Jagalan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Data yang didapatkan dari hasil survei secara langsung ditempat dan beberapa data seperti data curah hujan pada setiap stasiun, peta daerah aliran sungai dan sebagainya di dapat dari internet. Selanjutnya adalah praktik perancangan biaya dan waktu. Praktik ini memiliki tujuan untuk memberikan mahasiswa pengalaman dalam menganggarkan dan menyusun jadwal pekerjaan pada suatu proyek konstruksi yang sudah di setujui, kemudian di representasikan oleh kurva-s yang dan juga disusun dalam bentuk RAB (rancangan anggaran biaya). Hasil yang didapat pada praktik perancangan bangunan gedung ini berfokus pada perancangan bangunan tiga lantai yang telah dilakukan analisis kekuatan setiap strukturnya sehingga bangunan dapat diwujudkan sebagai hasil perancangan. Hasil yang didapat pada praktik jalan adalah dari survei jalan lalu lintas berupa kesimpulan dan solusi yang dapat diberikan kepada kondisi jalan dan lingkungan yang di survei. Hasil yang didapat pada praktik perancangan bangunan air ini di peroleh dari hasil merancang bendung yang di analisis stabilitas bendungnya sehingga dapat digunakan dengan umur panjang dan efisiensi yang diharapkan. Hasil yang didapat pada praktik biaya dan waktu ini adalah dari proyek konstruksi bangunan gudang obat yang sudah dilakukan penjadwalan dan oenganggaran secara efisien dan sistematis yang akan diwakilkan oleh kurva-s.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perencanaan gedung, volume lalu lintas, waktu tempuh, redesain bendung, kurva-s, RAB, bendung Mrican |
Subjects: | Sipil > Manajemen Konstruksi Sipil > Manajemen Konstruksi Sipil > Hidro Sipil > Hidro Sipil > Struktur Sipil > Struktur |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 10:02 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 10:02 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33396 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |