Indradewa, Syafiqah Imani Aridtya (2025) PELAKSANAAN INOVASI LAYANAN GERAI URUSAN PELANGGAN INSAN WAJIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (GARUGIWA) DALAM RANGKA PEMENUHAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
![]() |
Text (Syafiqah Imani Aridtya Indradewa)
210514341_Bab 0.pdf Download (572kB) |
![]() |
Text
210514341_Bab 1.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
210514341_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) |
![]() |
Text
210514341_Bab 3.pdf Download (717kB) |
Abstract
Pelayanan publik merupakan salah satu elemen penting dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dan responsif. Di indonesia, pelayanan publik memegang peran strategis dalam mengukur efektifitas dan efisiensi kinerja pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Suatu pelayanan publik dapat berjalan dengan adanya standar pelayanan. Standar pelayanan adalah tolak ukur yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan layanan dan acuan penilaian kualitas. Praktik pelayanan publik masih jauh dari kata ideal, sehingga pemerintah pusat maupun daerah harus terus melakukan inovasi untuk menjawab segala keresahan masyarakat. Salah satu daerah yang sudah melakukan inovasi adalah Kabupaten Ende, Provinsi NTT, pemerintah daerah Kabupaten Ende melakukan inovasi yang bernama “Inovasi Layanan Gerai Urusan Pelanggan Insan Wajib Administrasi Kependudukan (Garugiwa)”. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pelaksanaan inovasi layanan Garugiwa dalam rangka pemenuhan standar pelayanan publik berdasarkan UU Pelayanan Publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris yang berfokus pada fakta sosial. Penelitian dengan jenis empiris dilakukan melalui observasi langsung, wawancara, dan analisis data untuk memahami pelaksanaan praktik Garugiwa di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan pendekatan kualitatif seperti wawancara dan analisis dokumen. Studi ini diupayakan memberikan pemahaman tentang bagaimana Garugiwa beroperasi dalam praktiknya dan keselaasan dengan standar pelayanan publik. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan Garugiwa telah memenuhi sebagian besar komponen standar pelayanan namun ada satu komponen yang masih memerlukan perhatian khusus dan perbaikan. Kendala dalam pelaksanaan inovasi ini meliputi kendala internal yaitu keterbatasan anggaran dan sarana prasarana, serta kendala eksternal yaitu keterbatasan infrastruktur wilayah dan rendahnya kesadaran masyarakat. Solusi yang diusulkan mencakup kerja sama dengan sektor swasta, peningkatan kompetensi sdm melalui pelatihan daring, dan optimalisasi anggaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik, Standar Pelayanan, Inovasi Layanan Garugiwa, Metode Penelitian, Pelaksanaan, Kendala, Solusi |
Subjects: | Ilmu Hukum > Kenegaraan dan Pemerintah |
Divisions: | Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 10:23 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 10:23 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33533 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |