Mangiri, Agung Raynaldi (2025) ANALISIS DAN REKONSTRUKSI UI/UX APLIKASI MOBILE BANKING BANK PAPUA DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA.
![]() |
Text (AGUNG RAYNALDI MANGIRI)
200710710(0).pdf Download (577kB) |
![]() |
Text
200710710(1).pdf Download (477kB) |
![]() |
Text
200710710(2).pdf Download (499kB) |
![]() |
Text
200710710(3).pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
![]() |
Text
200710710(4).pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
200710710(5).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
200710710(6).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Bank Papua merupakan bank daerah yang melayani nasabah di daerah Papua. Sebagai media transaksi untuk penggunanya, terdapat tantangan dalam ketidakpuasan terhadap penggunaan layanan m-banking yang diluncurkan oleh Bank Papua. Hal ini disebabkan karena tampilan yang kurang menarik dan tidak memiliki arah tujuan yang mencerminkan dari sebuah platform m-banking. Berdasarkan hasil survey pada pengujian User Experience questionnaire didapatkan skor sebesar -0,639 yang termasuk buruk dari nilai maksimal terburuk yaitu -1,00, menunjukkan bahwa aplikasi tersebut tidak memenuhi standar yang diterima, oleh karena itu sering menyebabkan pengguna Bank Papua untuk melakukan transaksi secara offline atau langsung dibanding menggunakan aplikasi mobile banking Bank Papua. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode User Centered Design untuk merancang ulang tampilan pada aplikasi Bank Papua. Proses tersebut meliputi specify the context of use, specify user and organizational requirements, produce desain solutions, evaluate desain. Alat pengujian yang digunakan berupa Figma yang digunakan untuk menampilkan desain protoype, yang akan diujikan pada pengguna m banking Bank Papua dan pengguna m-banking bank lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam usability aplikasi. Pengujian menggunakan User Experience Questionnaire-short menghasilkan skor 1,8 dari nilai kategori maksimal 2,50 yang menghasilkan perubahan yang signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa rancangan desain baru telah memenuhi standar yang diterima oleh pengguna sehingga hal ini dapat mencegah terjadinya masalah ketidaknyamanan pengguna mulai dari segi desain dan fungsi yang ada sebelumnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bank Papua, M-Banking, User Centered Design |
Subjects: | Teknik Informatika > Soft Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 13:48 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 13:48 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33588 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |