PERAN SEKRETARIAT DPRD KOTA SURAKARTA DALAM PENGELOLAAN PELAYANAN PUBLIK melalui Aplikasi Website Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS)

UTAMI, MARIA MAGDALENA TRI (2025) PERAN SEKRETARIAT DPRD KOTA SURAKARTA DALAM PENGELOLAAN PELAYANAN PUBLIK melalui Aplikasi Website Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA.

[img] Text (MARIA MAGDALENA TRI UTAMI)
191006830(0).pdf

Download (2MB)
[img] Text
191006830(1).pdf

Download (543kB)
[img] Text
191006830(2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
191006830(3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB)
[img] Text
191006830(4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

ULAS merupakan aplikasi pelayanan publik yang dikembangkan oleh DISKOMINFO Kota Surakarta dan dimanfaatkan oleh Sekretariat DPRD Kota Surakarta untuk menunjang layanan aduan publik. Sekretariat DPRD Kota Surakarta menggunakan aplikasi website ULAS sejak 27 Desember 2013. Sekretariat DPRD Kota Surakarta hanya fokus pada layanan aduan yang didelegasikan ke Sekretariat DPRD. Penelitian ini akan membahas peran Sekretariat DPRD dalam pengelolaan pelayanan publik melalui aplikasi website ULAS. Dengan memaparkan 3 poin penting yakni: (1) Peran Sekretariat DPRD dalam pengelolaan pelayanan publik melalui aplikasi website ULAS; (2) Alasan Sekretariat DPRD berperan aktif dalam pengelolaan layanan publik melalui ULAS; dan (3) Proses mengelolanya dalam hal penyampaian aduan atau aspirasi. Temuan penulis adalah 6 peran Setwan DPRD Kota Surakarta dalam pengelolaan ULAS, yaitu: (1) menerima aduan atau aspirasi; (2) menampung aduan atau aspirasi; (3) mengklasifikasi aduan atau aspirasi; (4) meneruskan aduan atau aspirasi ke anggota dewan, komisi atau pimpinan DPRD; (5) merespon aduan atau aspirasi pada kolom jawaban ULAS; serta (6) memantau aduan atau aspirasi tertampil pada laman ULAS serta tanggapan terhadap aduan itu. Alasan berperan aktif karena tanggung jawab, komitmen layanan, dan pengembangan keberlanjutan. Temuan penulis mengenai proses, meliputi: (1) proses penerimaan aduan; (2) proses verifikasi; (3) proses klasifikasi; (4) tahap pendistribusian ke komisi; dan (5) pemberian informasi kepada pelapor. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif naratif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui tiga tahapan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran, Setwan DPRD, Pelayanan Publik, ULAS
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Mar 2025 11:20
Last Modified: 03 Mar 2025 11:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33608

Actions (login required)

View Item View Item