PERBEDAAN PERSEPSI TERHADAP KUALITAS (PERCEIVED QUALITY) BERITA YANG DISALURKAN MELALUI TELEVISI, SURAT KABAR, DAN INSTAGRAM (2022)

Tunggal, Immanuel Dwi Asmoro PERBEDAAN PERSEPSI TERHADAP KUALITAS (PERCEIVED QUALITY) BERITA YANG DISALURKAN MELALUI TELEVISI, SURAT KABAR, DAN INSTAGRAM (2022). [Research] (Unpublished)

[img] Text (Immanuel Dwi Asmoro Tunggal)
Laporan Akhir Penelitian Immanuel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)

Abstract

Sebagai dampak perkembangan teknologi informasi dan jumlah pengguna media sosial semakin bertambah, maka industri media juga menggunakan media bentuk baru ini sebagai saluran menyebarkan produk informasinya. Namun sayangnya, media bentuk baru ini juga digunakan oleh pihak-pihak lain yang juga menyebarkan berita bohong / hoax. Bahkan tercatat bahwa 92,4% hoax memanfaatkan media sosial. Berbeda dengan jumlah hoax yang menggunakan saluran media konvensional yang hanya sekitar 8,7% untuk televisi dan 5% untuk surat kabar. Dengan tersebarnya hoax paling banyak melalui media sosial, masyarakat memiliki persepsi yang kurang positif terhadap informasi yang bersumber dari media sosial. Penelitian ini mencoba mempelajari perbedaan perceived news quality yang dimiliki masyarakat terhadap berita yang disalurkan melalui televisi, surat kabar, dan juga media sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data dari penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 385 responden dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Responden yang diambil adalah follower dari akun Instagram Kompas.tv, kompas.com, dan akun Instagram Harian Kompas.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: Perceived Quality, Kompas TV, Kompas.com, Millenials
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 13 Mar 2025 08:06
Last Modified: 13 Mar 2025 08:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33728

Actions (login required)

View Item View Item