PENERAPAN PENINGKATAN LAYANAN BERKESINAMBUNGAN DALAM ORGANISASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY (ITIL) (2023)

Irianto, A. Bagas Pradipta and Gunawan, Hendro PENERAPAN PENINGKATAN LAYANAN BERKESINAMBUNGAN DALAM ORGANISASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY (ITIL) (2023). [Research] (Unpublished)

[img] Text (Aloysius Bagas Pradipta Irianto dan Hendro Gunawan)
Laporan Akhir Penelitian Al. Bagas-Hendro.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

2 RINGKASAN Paradigma Teknologi Informasi (TI) saat ini di sebuah perusahaan atau organisasi lebih cenderung ke perencanaan strategis dan layanan TI. TI pada sebuah organisasi saat ini memberikan berbagai macam layanan kepada bisnis mereka. IT Service Management (ITSM)/Manajemen layanan teknologi informasi adalah sebuah metode untuk mengelola TI yang berusaha menyelaraskan kebutuhan bisnis dan TI dalam menyediakan layanan TI yang efisien dan efektif dengan jaminan kualitas. ITIL (Information Technology Infrastructure Library) sekarang dianggap sebagai kerangka kerja standar untuk ITSM dalam perusahaan, yang menjalankan bisnis mereka yang didasarkan pada infrastruktur dan layanan TI. ITIL V3 merupakan kerangka kerja publik terbaik untuk Manajemen Layanan TI dan merupakan praktik terbaik untuk layanan TI apa pun di organisasi mana pun. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) merupakan salah satu universitas swasta besar di Yogyakarta juga semakin kompleks dalam memberikan pelayanan kepada sivitas akademiknya. Penggunaan TI di dalam UAJY terwujud dalam berbagai layanan yang dapat menunjang kebutuhan setiap pengguna. Pada penelitian sebelumnya peneliti telah melakukan penelitian dengan melakukan analisis dan membuat model berbasis ITIL pada tahap service strategy, dan membangun aplikasi Sistem Informasi Bimbingan Akademik (SIBIMA) pada tahap service design dan service transition. Berdasarkan layanan yang telah dibangun maka akan dilakukan penilaian, pengukuran, dan bagaimana meningkatkan kinerja lingkungan TI. Obyek pada penelitian ini secara khusus adalah Sistem Informasi Bimbingan Akademik (SIBIMA). Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan model ITIL pada tahap service operation dan Continual Service Improvement (CSI). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mengevaluasi peningkatan layanan berkesinambungan layanan teknologi informasi menggunakan kerangka kerja ITIL di Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: ITSM, ITIL, Continual Service Improvement (CSI), service operation
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 16 Mar 2025 21:35
Last Modified: 16 Mar 2025 21:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33780

Actions (login required)

View Item View Item