Ellyawati, Jeanne and Bhimasta, Raden Agoeng Modal Sosial dan Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan di Social Media Commerce (2024). [Research] (Unpublished)
![]() |
Text (Jeanne Ellyawati dan Raden Agoeng Bhimasta)
Laporan Akhir Penelitian Dr. Ellyawati-Raden Bimo.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir, platform social commerce, muncul sebagai pilihan baru para konsumen melakukan transaksi secara online di media sosial dibanding di situs tradisional jual beli e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengklarifikasi hubungan yang kompleks antara tiga dimensi social capital (relational-social-capital, structural-social-capital dan cognitive-social-capital) dalam memengaruhi keyakinan dan kenyamanan dalam pengambilan keputusan, serta pengaruhnya pada kepuasan konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan desain riset cross-sectional survey, melalui kuesioner terstruktur. Sebanyak 326 sampel direkrut sebagai responden. Objek penelitian dipilih sosial media commerce TikTok. Temuan menunjukkan bahwa modal sosial struktural tidak berpengaruh terhadap keyakinan dan kenyamanan keputusan. Komponen relasional seperti kepercayaan pada teman sebaya dan timbal balik juga tidak menunjukkan efek signifikan pada keyakinan dan kenyamanan keputusan. Sementara identitas dengan kelompok sosial secara signifikan meningkatkan keyakinan keputusan konsumen. Sebaliknya, modal sosial kognitif, terutama bahasa yang sama, secara substansial meningkatkan baik keyakinan maupun kenyamanan keputusan.
Item Type: | Research |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perdagangan Sosial, Modal Sosial, Keyakinan Keputusan, Kenyamanan Keputusan, TikTok |
Subjects: | Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 09:34 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 09:34 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33813 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |