Ernawati, . PEMILIHAN LOKASI POTENSIAL UNTUK SASARAN PROMOSI PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL RFM DAN MCDM BERBASIS SIG (2024). [Research] (Unpublished)
![]() |
Text (Ernawati)
Laporan Akhir Penelitian Peroangan a.n. Dr. Ernawati.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Perguruan tinggi menghadapi tantangan dalam merekrut mahasiswa baru, sehingga perlu menerapkan strategi marketing yang efektif, diantaranya dengan melakukan promosi yang tepat sasaran. Promosi ke lokasi yang tepat meningkatkan kesuksesan rekrutmen dan menghemat sumber daya yang dikeluarkan. Data merupakan sumber pengetahuan. Pengambilan keputusan berdasarkan data memungkinkan organisasi membuat keputusan dengan tepat sehingga mengoptimalkan kinerja. Penelitian ini mengajukan sebuah pendekatan data analytics baru yang mengkombinasikan model Recency-Frequency-Monetary (RFM), teknik data mining dan metode Multi-Criteria Decision Making (MCDM) berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk menentukan lokasi sasaran promosi. Penelitian ini juga mengimplementasikan pendekatan yang diusulkan menggunakan data historis yang dimiliki perguruan tinggi, yaitu data penerimaan mahasiswa baru Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) untuk menunjukkan keefektifan pendekatan yang dikemukakan. Model berbasis RFM dan algoritma clustering K-means digunakan untuk mengidentifikasi SMA/SMK yang bernilai tinggi (memiliki value) sebagai segmen sasaran promosi. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan metode Weighted Linear Combination (WLC) yaitu sebuah metode MCDM serta memvisualisasikannya dengan SIG untuk memilih kabupaten/kota yang paling potensial untuk sasaran promosi. Tiga kriteria yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: kemudahan akses, potensi pasar, dan konsentrasi pasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan memilih sekolah-sekolah bernilai tinggi yang tepat di kabupaten/kota yang terpilih, UAJY dapat memperoleh sejumlah besar calon mahasiswa yang diterima sembari mengoptimalkan alokasi sumber daya untuk kegiatan promosi. Penelitian ini memberi kontribusi pada bidang pemasaran perguruan tinggi dengan menyediakan pendekatan data-driven dalam menentukan pasar sasaran dan lokasi promosi.
Item Type: | Research |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | data mining, MCDM, model RFM, pemilihan lokasi, SIG |
Subjects: | Teknik Informatika > Enterprise Inf System |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 11:45 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 11:58 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33826 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |