ANALISIS PANJANG ANTRIAN SIMPANG BERSINYAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE MKJI (STUDI KASUS SIMPANG JALAN AFFANDI YOGYAKARTA)

S, RICHARD WILIAM (2010) ANALISIS PANJANG ANTRIAN SIMPANG BERSINYAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE MKJI (STUDI KASUS SIMPANG JALAN AFFANDI YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS09702.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS09702.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS09702.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS09702.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS09702.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (Bab V)
5TS09702.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TS09702.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kota Yogyakarta mengalami peningkatan jumlah penduduk, hal ini berpengaruh juga terhadap kepemilikan kendaraan bermotor yang semakin tinggi. Arus lalulintas yang meningkat menimbulkan kemacetan, kurangnya kenyamanan mengemudi, kecelakaan, dan juga pelanggaran lalulintas. MKJI adalah merupakan rumus empiris, sehingga perlu diketahui apakah MKJI dapat digunakan untuk menghitung lalulintas pada Kota Yogyakarta, terutama pada simpang Jalan Affandi yang terbilang padat karena dilalui oleh jalur luar kota. Pada perhitungan guna mencari faktor arus jenuh dasar (SO) penelitian ini tidak menggunakan variabel pengali 600 smp/jam (sesuai MKJI) tetapi menggunakan variabel pengali 780 smp/jam (sesuai penelitian dari Ahmad Munawar dkk). Setelah didapat hasil perhitungan panjang antrian MKJI kemudian baru dibandingkan dengan hasil perhitungan panjang antrian di lapangan. Hasil yang diperoleh menggunakan perhitungan dengan MKJI dan perhitungan di lapangan untuk hari Senin jam sibuk pagi adalah : pada pendekat utara (Jalan Condong Catur) ternyata terjadi perbedaan antara perhitungan MKJI dengan perhitungan di lapangan (MKJI = 66 m, lapangan = 43,2m), hal ini dikarenakan jalan ini merupakan jalan dua jalur dua arah dan ada median jalannya. Pada pendekat selatan (Jalan Affandi) hasil yang diperoleh juga terdapat perbedaan antara perhitungan MKJI dan perhitungan lapangan (MKJI = 105m, lapangan = 89,3m) hal ini juga dikarenakan terdapat median jalan dan terjadi antrian yg besar pada waktu sore hari. Pada pendekat timur (Jalan Ringroad Utara) hasil yang diperoleh juga terdapat perbedaan antara perhitungan MKJI dan perhitungan lapangan (MKJI = 123m, lapangan = 110,7) hal ini dikarenakan jalur ini merupakan jalur luar kota dengan median jalan dan antrian terbesar terjadi pada sore hari. Pada pendekat barat (Jalan Ringroad Utara) hasil yang diperoleh juga terdapat perbedaan antara perhitungan MKJI dan perhitungan lapangan (MKJI = 289m, lapangan =281.5) hal ini juga sama seperti pendekat timur akan tetapi antrian terbesar terjadi pada pagi hari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MKJI, panjang antrian, median, simpang bersinyal.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Jul 2013 13:17
Last Modified: 26 Jul 2013 13:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3385

Actions (login required)

View Item View Item