PURBOYO, SUNGSANG TRI (2010) ANALISIS TINGKAT PELAYANAN ANGKUTAN PEDESAAN KABUPATEN SLEMAN ( Studi Kasus Jalur D6 ). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TS09704.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS09704.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS09704.pdf Download (104kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TS09704.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
||
Text (Bab IV)
4TS09704.pdf Restricted to Registered users only Download (934kB) |
||
Text (Bab V)
5TS09704.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TS09704.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sejalan dengan peningkatan diberbagai bidang yang disertai kemajuan teknologi yang sangat pesat sehingga meminimalkan perjalanan masyarakat, dan kemajuan teknologi mendorong bermunculnya pabrikan kendaraan. Oleh karena itu menyebabkan kecenderungan masyarakat untuk lebih memilih kendaraan pribadi dibandingkan dengan menggunakan angkutan umum, sehingga mendukung terjadinya penurunan jumlah penumpang yang secara langsung berdampak pada pendapatan angkutan pedesaan. Dampak tersebut berpengaruh terhadap kualitas pelayanan dari angkutan pedesaan yang diberikan, oleh sebab itu perlu dilakukan tinjauan pelayanan angkutan pedesaan. Penelitian dikhususkan pada angkutan pedesaan jalur D6, dikarenakan pada jalur D6 memiliki pola operasional yang berbeda daripada jalur pedesaan yang lain. Penelitian dengan melakukan survai selama tiga hari yaitu hari Senin, Minggu, dan Sabtu dengan pertimbangan hari tersebut dapat mewakili hari kerja, hari libur, dan akhir pekan. Data primer diperoleh dengan survai naik-turun penumpang, survai headway, serta survai kuisioner dengan penumpang. Data sekunder diperoleh dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman, Koperasi Pemuda, dan melalui internet. Hasil tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan parameter kinerja angkutan yang meliputi: jumlah penumpang, load factor, headway, kecepatan dan waktu perjalanan, sedangkan hasil kuisioner diolah secara diskriptif sebagai karakteristik penumpang. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: jumlah penumpang berkisar antara 89 - 133 orang per hari, nilai load factor rata-rata per hari antara 0,18 - 0,38, nilai headway lapangan rata-rata berkisar antara 7 - 8 menit per hari dan frekuensi antara 8 – 10 armada/jam. Jumlah armada yang beroperasi dilapangan antara 16 - 22 armada, nilai kecepatan rata-rata per hari berkisar 21 – 22 Km/jam, dan waktu perjalanan rata-rata per hari berkisar 89,4 – 91,2 menit. Hasil analisis menunjukan jalur D6 masih terdapat beberapa parameter yang belum memenuhi standar yang ditetapkan, diantaranya jumlah penumpang, load factor, kecepatan dan waktu perjalanan. Dari segi pelayanan berdasarkan persepsi penumpang terhadap jalur D6 pelayanan dirasa baik sebesar 6,7 %, sedang sebesar 78,3 %, dan buruk sebesar 15 %, hal yang dirasa penumpang belum baik adalah seringnya angkutan D6 melakukan ngetem dan ketidaktahuan penumpang akan jadwal keberangkatan/tiba jalur D6. Jadi jalur D6 yang menerapkan kebebasan dalam melakukan operasionalnya pada kondisi sekarang dirasa kurang cocok dari penilaian penumpang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat pelayanan, jumlah penumpang, load factor, headway, kecepatan dan waktu perjalanan |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 26 Jul 2013 13:23 |
Last Modified: | 26 Jul 2013 13:23 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3386 |
Actions (login required)
View Item |