STUDI RUANG TERAPI BAGI ANAK DOWN SYNDROME DENGAN PENDEKATAN NEURO ARCHITECTURE

Maatita, Juan Veyral Devano (2025) STUDI RUANG TERAPI BAGI ANAK DOWN SYNDROME DENGAN PENDEKATAN NEURO ARCHITECTURE. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Juan Veyral Devano Maatita)
180117478_Bab 0.pdf

Download (7MB)
[img] Text
180117478_Bab 1.pdf

Download (7MB)
[img] Text
180117478_Bab 2.pdf

Download (7MB)
[img] Text
180117478_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
180117478_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
180117478_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Anak merupakan anugerah yang luar biasa bagi setiap keluarga. Namun, tidak semua anak terlahir dalam kondisi sehat, seperti anak dengan down syndrome, yang mengalami kelainan genetik akibat kelebihan kromosom ke-21. Kondisi ini menyebabkan keterlambatan perkembangan fisik dan intelektual, termasuk kemampuan berbicara, berjalan, dan keterampilan untuk hidup mandiri. Berdasarkan data World Health Organization (WHO), prevalensi down syndrome mencapai 8 juta jiwa di dunia, dengan lebih dari 300.000 kasus di Indonesia. Sayangnya, fasilitas terapi dan rehabilitasi untuk anak down syndrome di Indonesia masih sangat terbatas dan sering kali belum sesuai standar. Pendekatan neuro architecture yang fokus pada rangsangan indera manusia menawarkan solusi desain yang sesuai untuk ruang terapi anak down syndrome. Dengan desain yang adaptif terhadap kebutuhan fisik, intelektual, dan metode pengajaran yang digunakan, ruang terapi dapat membantu anak-anak dengan down syndrome tumbuh, berkembang secara mandiri, dan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Down syndrome, neuro architecture, ruang terapi, desain adaptif, perkembangan anak
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 21 Apr 2025 11:59
Last Modified: 21 Apr 2025 11:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33970

Actions (login required)

View Item View Item