Tambunan, Bimo Rizky Nuky and Pramaesti, Fara Lintang (2024) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR JALUR KERETA API SUMBERPUCUNG – DAMPIT KABUPATEN MALANG. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA.
![]() |
Text (Bimo Rizky Nuky Tambunan dan Fara Lintang Pramaesti)
210218574(0).pdf Download (740kB) |
![]() |
Text
210218574(1).pdf Download (383kB) |
![]() |
Text
210218574(2).pdf Download (970kB) |
![]() |
Text
210218574(3).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
210218574(4).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
210218574(5).pdf Restricted to Registered users only Download (848kB) |
![]() |
Text
210218574(6).pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Laporan ini membahas proses perancangan jalur rel kereta api yang menghubungkan Sumberpucung – Dampit di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tujuan utama dari perancangan ini adalah untuk menentukan trase yang optimal dengan mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk kelayakan ekonomi, sosial-budaya, serta kebutuhan transportasi modern. Jalur ini diharapkan menjadi salah satu solusi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, meningkatkan konektivitas antarwilayah, serta mengurangi beban lalu lintas jalan raya. Proyek ini juga menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam mendukung pengembangan infrastruktur transportasi berkelanjutan sesuai dengan visi Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (Ripnas). Proses perancangan jalur ini dilakukan dengan pendekatan terintegrasi menggunakan perangkat lunak Civil 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk memodelkan trase secara akurat berdasarkan data topografi, geologi, serta penggunaan lahan di sepanjang koridor Sumberpucung – Dampit. Hasil perancangan menunjukkan bahwa trase optimal memiliki panjang 30,12 km dengan lebar rel 1067 mm, sesuai standar rel kereta api di Indonesia. Selain itu, desain jalur ini menggunakan konsep jalur ganda (double track) untuk mendukung kapasitas angkut yang lebih besar dan meningkatkan efisiensi operasional di masa depan. Salah satu komponen utama dalam perancangan ini adalah penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk pembangunan sarana dan prasarana kereta api. Estimasi biaya pembangunan jalur rel ini mencapai Rp1.998.533.258.138,42. Biaya tersebut mencakup pembangunan jalur rel, stasiun, jembatan, dan fasilitas pendukung lainnya. Durasi pengerjaan proyek diperkirakan memakan waktu 523 hari kalender atau sekitar 18 bulan. Di samping itu, laporan ini juga menyertakan perencanaan anggaran untuk penerapan Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan (K3L), yang sangat penting dalam memastikan kelancaran dan keberlanjutan proyek. Anggaran K3L diperkirakan sebesar Rp3.966.352.000,00, yang mencakup pelatihan keselamatan kerja, penyediaan alat pelindung diri, serta program mitigasi dampak lingkungan. Selain aspek teknis dan biaya, laporan ini juga mencakup analisis dampak finansial dan ekonomi dari proyek ini. Analisis dilakukan menggunakan metode Internal Rate of Return (IRR) untuk mengevaluasi kelayakan proyek dari perspektif investasi. Dari hasil perhitungan, diperoleh IRR sebesar 7,43% untuk aspek finansial, yang menunjukkan bahwa proyek ini layak secara finansial dengan dukungan subsidi pemerintah. Lebih jauh lagi, IRR dari aspek ekonomi mencapai 19,2%, yang mengindikasikan bahwa proyek ini memberikan manfaat ekonomi yang signifikan bagi masyarakat luas, terutama dalam meningkatkan efisiensi transportasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Proyek ini diharapkan mampu memberikan manfaat signifikan bagi mobilitas masyarakat serta distribusi logistik di Jawa Timur. Pengembangan infrastruktur kereta api juga diproyeksikan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas jalan dan menekan emisi karbon, mendukung transisi ke moda transportasi yang lebih ramah lingkungan. Berdasarkan analisis finansial dan ekonomi, pembangunan jalur kereta api Sumberpucung - Dampit dinilai layak untuk direalisasikan. Namun, keberhasilan proyek ini sangat bergantung pada dukungan pemerintah, khususnya melalui pemberian subsidi atau insentif yang dapat meringankan beban investasi awal. Dengan adanya subsidi tersebut, proyek ini tidak hanya lebih memungkinkan secara finansial, tetapi juga berpotensi memberikan dampak positif yang lebih luas bagi kemajuan Jawa Timur secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perancangan, jalur kereta api, biaya, kelayakan ekonomi |
Subjects: | Sipil > Geo Teknik Sipil > Geo Teknik Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ksi |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 09:02 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 12:33 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33995 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |