Bako, Angel Lee Maria and Santoso, Lidwina Lukitaning (2025) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR JALUR KERETA API CIBATU-GARUT- CIKAJANG. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
![]() |
Text (Angel Lee Maria Bako dan Lidwina Lukitaning Santoso)
210218753_Bab 0.pdf Download (689kB) |
![]() |
Text
210218753_Bab 1.pdf Download (800kB) |
![]() |
Text
210218753_Bab 2.pdf Download (492kB) |
![]() |
Text
210218753_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
210218753_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (814kB) |
![]() |
Text
210218753_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
210218753_Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (22MB) |
Abstract
Studi perencanaan untuk jalur kereta api Cibatu-Garut-Cikajang menghasilkan tiga alternatif rute, di mana alternatif ketiga dipilih sebagai yang paling optimal, dengan panjang total 22.828 km. Desain geometrik untuk alternatif rute ketiga dikembangkan menggunakan AutoCAD Civil 3D dengan kecepatan desain 120 km/jam. Alinyemen horizontal terdiri dari 28 tikungan, termasuk 8 tikungan Spiral-Circle-Spiral (SCS) dan 101 tikungan Full Circle (FC), dengan volume galian sebesar 327.717,56 m³ dan volume timbunan sebesar 284.067,85 m³. Alinyemen vertikal mencakup 15 tikungan cembung dan 13 tikungan cengkung. Estimasi biaya pembebasan lahan untuk alternatif ketiga adalah IDR 297.035.738.000, termasuk IDR 100.901.330.000 untuk lahan pemukiman dan IDR 196.134.408.000 untuk lahan pertanian atau lahan terbuka lainnya. Biaya konstruksi yang diperkirakan untuk jalur kereta api adalah IDR 3.052.022.810.686, sementara biaya pengadaan sarana adalah IDR 1.517.234.666.928, dan biaya operasional serta pemeliharaan tahunan adalah IDR 18.114.432.000. Analisis kelayakan finansial mengungkapkan Net Present Value (NPV) sebesar IDR 7.448.719.602.662,70, yang menunjukkan pengembalian investasi positif dengan arus kas masa depan melebihi biaya awal. Internal Rate of Return (IRR) adalah 6,828%, lebih tinggi dari Minimum Attractive Rate of Return (MARR) sebesar 6%, yang menunjukkan pengembalian investasi yang memuaskan. Benefit-Cost Ratio (BCR) adalah 1,28, yang menandakan bahwa setiap unit biaya menghasilkan manfaat lebih besar dari satu, mengkonfirmasi kelayakan finansial. Analisis kelayakan ekonomi menghasilkan NPV sebesar IDR 30.179.334.224.825,70, menunjukkan pengembalian investasi yang positif dan substansial. IRR adalah 11,10%, melebihi MARR sebesar 6%, dan BCR adalah 5,19, yang menunjukkan manfaat ekonomi yang signifikan relatif terhadap biaya. Secara keseluruhan, proyek jalur kereta api Cibatu-Garut-Cikajang sangat layak dari perspektif finansial dan ekonomi, dengan NPV positif, IRR yang melebihi MARR, dan BCR lebih besar dari satu. Proyek ini dijadwalkan berlangsung selama 875,44 hari, dimulai pada 13 Januari 2025, dan berakhir pada 5 November 2027
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jalur Kereta Api, Cibatu-Garut-Cikarang, Perancangan Geometri |
Subjects: | Sipil > Geo Teknik Sipil > Geo Teknik Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 11:13 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 11:13 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/34009 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |