PERANCANGAN GEOMETRIK JALAN DAERAH WONOSARI

Novavilla, Dewa Gamma Indra (2021) PERANCANGAN GEOMETRIK JALAN DAERAH WONOSARI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Dewa Gamma Indra Novavilla)
180217335_Bab 0.pdf

Download (300kB)
[img] Text
180217335_Bab 1.pdf

Download (203kB)
[img] Text
180217335_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
180217335_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pembangunan infrastruktur tetap berjalan yang dimana kebutuhan akan ketenaga kerjaan dalam bidan pembangunan sangat dibutuhkan. Kehadiran mahasiswa lulusan baru dari ketahun sangat diharapkan untuk merealisasikan pembangunan infrastruktur berkepanjangan. Mengetahui hal tersebut diharapkan mahasiswa tidak hanya paham tentang teori tetapi paham juga tentang praktiknya, bagaimana pengamplikasiannya dilapangan, dan kesulitan apa saja yang mungkin dapat terjadi di lapangan. Perlu adanya peneyimbang antara teori yang dipelajari dan teori pada lapangan, oleh karena itu Unversitas Atma jaya Yogyakarta mengadakan pelajaran Praktik Perancangan Bangunan Gedung, Praktik Perancangan Jalan, Praktik Perancangan Bangunan Air, Praktik Perancangan Biaya dan Waktu. Dari keempat prancangan yang ada, penulis akan lebih berfokus pada praktik perancangan jalan. Laporan ini berisikan rangkuman dari praktik perancangan yang telah dilaksanakan pada semester sebelumnya. Praktik perancangan yang dirangkum berupa praktik prancangan jalan, praktik perancangan gedung, praktik perancangan bangunan air, praktik perancangan biaya dan waktu. Praktik perancangan jalan dillakukan menggunakan alat bantu aplikasi Civil 3D, dan menggunakan acuan Bina Marga. Tahapan yang dilakukan dalam praktik perancangan jalan ini adalah perancangan geometrik jalan mulai dari pemilihan trase jalan, alinemen horizontal dan vertikal yang dirancang pada Daerah Wonosari, Yogyakarta. Setelah terbentuk geometrik jalan kemudian dirancang perkerasan kaku dan lentur dengan merancang sesuai acuan Bina Marga. Tahap terakhir adalah merancang trotoar pejalan kaki beserta fasilitas yang terdapat pada jalur pejalan kaki. Dalam memudahkan perhitungan tiap tikungan, digunakan software Microsoft exce. Dapat memudahkan perhitungan karena apabila terdapat perhitungan yang tidak masuk syarat, dapat dilakukan perhitungan ulang dengan cepat. Laporan ini berisikan segala data yang telah didapat selama menjalani perkulihaan semester lalu. Pada saat semester lalu dilakukan praktik perancangan jalan yang dimana didapatkan hasil trase jalan yang memiliki tiga tikungan yang dimana masing masing jenis tikungan dipilih Spiral-Cirle-Spiral dengan kecepatan rencana sebesar 80km/jam. Trase jalan terlah terbentuk kemudian dilakukan perhitungan superelevasi dilanjut perhitungan lengkung vertikal cembung dan cekung. Dalam menentukan menentukan trase jalan sebisa mungkin tidak melewati beda tinggi elevasi yang ekstrim dikawatirkan akan membutuhkan penambahan atau pengurangan tanah dengan volume yang sangat besar. Didapat hasil pekerjaan tanah galian dan timbunan dihasilkan masih membutuhkan tanah sebesar 134643 m3. Untuk perkerasan lentur dan kaku ditemukan tebal tiap lapisan, untuk perancangan jalur pejalan kaki didapat lebar total sebesar 3.8333 meter.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Praktik Perancangan Jalan, Prancangan Geometrik.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 07 May 2025 12:59
Last Modified: 07 May 2025 12:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/34045

Actions (login required)

View Item View Item