PERENCANAAN LANDAS PACU DAN TEBAL PERKERASAN FLEKSIBEL LANDAS PACU BANDAR UDARA WAIOTI MAUMERE

MUDA, YOSEF NORBERTUS T. (2010) PERENCANAAN LANDAS PACU DAN TEBAL PERKERASAN FLEKSIBEL LANDAS PACU BANDAR UDARA WAIOTI MAUMERE. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS11716.pdf

Download (1598Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS11716.pdf

Download (3904Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS11716.pdf

Download (1248Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS11716.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)
[img] Text (Bab IV)
4TS11716.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS11716.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3942Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TS11716.pdf

Download (12Mb)

Abstract

Bandar Udara Waioti Maumere Kabupaten Sikka mengalami peningkatan jumlah penumpang dan barang dari tahun ke tahun, maka permasalahan yang dihadapi Bandar Udara Waioti Maumere Kabupaten Sikka semakin kompleks. Oleh karena itu dibutuhkan suatu perencanaan landas pacu dan tebal perkerasan fleksibel landas pacu untuk melayani pesawat yang lebih besar yang belum pernah beroperasi di Bandar Udara Waioti Maumere, dengan pesawat rencana Air Bus A- 300-B4. Dengan demikian, dapat meningkatkan kemampuan pelayanan Bandar Udara Waioti Maumere Kabupaten Sikka. Dalam perencanaan landas pacu dan tebal perkerasan fleksibel landas pacu mengacu pada laju pertumbuhan pesawat, penumpang, barang, bagasi pada tahun 2018. Perancangan landas pacu ditinjau dari karakteristik jenis pesawat rencana yaitu Air Bus A-300-B4 dan tebal perkerasan fleksibel landas pacu Bandar Udara Waioti Maumere saat ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa untuk meningkatkan pelayanan perlu diadakan suatu perancangan ulang landas pacu Bandar Udara Waioti Maumere Kabupaten Sikka. Hasil analisis menunjukkan bahwa penumpang pada tahun 2018 adalah 55566 orang, pesawat sebanyak 2015 pesawat, bagasi sebanyak 1068891 kg, dan barang sebanyak 814843 kg. Dengan demikian sudah selayaknya dilakukan perancangan ulang landas pacu bandar udara. Hasil disain menunjukkan perlunya penambahan panjang runway menjadi 3150 m, lebar menjadi 46 meter, taxiway 97 m x 23 m dengan sudut belokan 450, dan penambahan panjang untuk apron 240 m, lebar menjadi 130 m, dan penambahan tebal perkerasan fleksibel runway untuk jenis pesawat Air Bus A-300-B4 menjadi 92 cm, dengan tebal lapis permukaan 10 cm, tebal lapis pondasi 27 cm, tebal lapis pondasi bawah 55 cm.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: runway, taxiway, apron, perkerasan fleksibel.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Jul 2013 08:18
Last Modified: 30 Jul 2013 08:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3405

Actions (login required)

View Item View Item