MOTIF DAN KEPUASAN FOLLOWERS INSTAGRAM @SCHOTERS TERKAIT INFORMASI BEASISWA DAN STUDI LANJUT KE LUAR NEGERI

Nathania, Fidela (2025) MOTIF DAN KEPUASAN FOLLOWERS INSTAGRAM @SCHOTERS TERKAIT INFORMASI BEASISWA DAN STUDI LANJUT KE LUAR NEGERI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Fidela Nathania)
210907524.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tingginya minat untuk melanjutkan studi luar negeri membuat para siswa dan mahasiswa mencari informasi beasiswa dan studi lanjut. Akan tetapi, beberapa instisusi belum memanfaatkan media sosial untuk menyediakan informasi tersebut sehingga calon mahasiswa tidak memiliki pengetahuan terkait informasi beasiswa dan studi lanjut ke luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif dan kepuasan followers pada media sosial Instagram. Objek dari penelitian ini adalah akun Instagram lembaga bimbingan luar negeri, yaitu @schoters. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification milik McQuaill, Blummer, dan Brown yang terdiri dari motif dan kepuasan berupa Pengawasan (Surveillance), Identitas (Personal Identity), dan Integrasi dan Interaksi Sosial (Personal Relationship). Penelitian ini menggunakan metode survei dengan mensurvei 100 orang followers akun Instagram Schoters. Teknik analisis data menggunakan deskriptif statistik dan uji Kolmogorov-Smirnov. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H1 diterima, yaitu terdapat kesenjangan antara motif dan kepuasan yang diperoleh followers. Kesenjangan yang tidak memenuhi kepuasan followers terdapat pada pada indikator pengawasan (surveillance) dan identitas (personal identity), sedangkan indikator integrasi dan interaksi sosial (personal relationship) berhasil memenuhi harapan followers.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Instagram, Schoters, Uses and Gratification
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 21 May 2025 09:37
Last Modified: 21 May 2025 09:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/34080

Actions (login required)

View Item View Item