Peran Key Opinion Leader dalam Mengembangkan Kesadaran Merek melalui Instagram (Studi Kasus pada Atlet Jakarta Pertamina Enduro)

Adicahya, Novin Gamma (2025) Peran Key Opinion Leader dalam Mengembangkan Kesadaran Merek melalui Instagram (Studi Kasus pada Atlet Jakarta Pertamina Enduro). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Novin Gamma Adicahya)
210907560.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Atlet kini tidak hanya menjadi ikon prestasi, tetapi juga berperan sebagai Key Opinion Leader (KOL) yang mampu membangun kesadaran merek. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi peran atlet dalam konten Instagram @jpevolley terhadap pengembangan brand awareness Oli Enduro. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan tujuh informan, ditemukan bahwa kesadaran merek dibangun melalui visualisasi atlet dengan produk, interaksi melalui fitur Instagram, serta narasi emosional yang mengaitkan performa atlet dengan penggunaan Oli Enduro. Hasil menunjukkan bahwa figur atlet sebagai KOL berperan dalam level teknis tanpa dilibatkan dalam level strategis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran merek, key opinion leader, media sosial, atlet, Oli Enduro, Jakarta Pertamina Enduro
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 21 May 2025 10:57
Last Modified: 21 May 2025 10:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/34088

Actions (login required)

View Item View Item