EXPERIENTIAL LEARNING MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI PADA PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL VIRTUAL REALITY DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PUBLIC SPEAKING (Studi Kasus pada Mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di UAJY)

Dapa, Anastasia Putri (2025) EXPERIENTIAL LEARNING MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI PADA PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL VIRTUAL REALITY DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PUBLIC SPEAKING (Studi Kasus pada Mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di UAJY). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Anastasia Putri Dapa)
210907628.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media digital virtual reality dalam pembelajaran public speaking di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UAJY. Berdasarkan observasi, banyak mahasiswa yang belum menguasai keterampilan public speaking dan belum memanfaatkan VR sebagai alat bantu pembelajaran. Penelitian ini mengevaluasi penggunaan VR terhadap keterampilan public speaking, serta kebutuhan dan harapan mahasiswa pada media ini. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara mendalam dan focus group discussion dengan mahasiswa ilmu komunikasi, serta analisis data hasil berlatih dengan triangulasi sumber. Teori yang diterapkan adalah Experiential Learning serta keterkaitan antara VR dan public speaking. Hasil penelitian diharapkan dapat mengidentifikasi manfaat dan tantangan dalam implementasi media VR untuk pembelajaran public speaking mahasiswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Public speaking, Experiential Learning, Virtual Reality.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 23 May 2025 11:13
Last Modified: 23 May 2025 11:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/34104

Actions (login required)

View Item View Item