Santika, Nyoman Bagus Adhi Baskara (2025) PENGARUH PERSEPSI PADA KARAKTER NON-BINARY AGENT CLOVE TERHADAP INTENSITAS BERMAIN GAMERS VALORANT DI INDONESIA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
![]() |
Text (Nyoman Bagus Adhi Baskara Santika)
210907729.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Industri gim saat ini telah berkembang pesat, yang terlihat pada penghasilan yang mereka peroleh lebih banyak daripada industri film dan musik jika digabungkan pada 2022. Valorant adalah salah satu permainan yang menarik perhatian pemain gim secara global karena dinilai memberikan pengalaman bermain yang kompetititf dan menegangkan. Selain itu, Valorant juga mengembangkan perbaruan yang inovatif, salah satunya pada perilisan Agent Clove yang direpresentasikan sebagai karakter yang non- binary. Langkah ini diambil Riot Games sebagai pengembang Valorant untuk menerapkan nilai “Diversity, Inclusion & Culture” mereka. Namun, hal ini menuai kontorversi di komunitas pemain karena identitas gender yang beragam masih sering dianggap tabu oleh masyarakat dengan pandangan gender biner, termasuk di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh persepsi pada karakter non-binary Agent Clove terhadap intensitas bermain pemain Valorant di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner Google Form dari 100 pemain Valorant di Indonesia yang aktif bermain selama setahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi pada karakter non- binary Agent Clove dan intensitas bermain pemain Valorant di Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga menemukan adanya perbedaan persepsi berdasarkan jenis kelamin responden. Temuan ini menunjukkan bahwa representasi karakter non-binary dalam karakter gim dapat mempengaruhi pola bermain dan pengalaman pemain, khususnya di Indonesia.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Valorant, Agent Clove, Non-Binary, Persepsi, Intensitas Bermain |
Subjects: | Komunikasi > Jurnalisme |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 27 May 2025 08:13 |
Last Modified: | 27 May 2025 08:13 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/34128 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |