MANAGEMENT IMPRESSION 3 MAKE UP ARTIST DI KABUPATEN SINTANG MELALUI INSTAGRAM

Ningsih, Yohana Indah Yasa (2025) MANAGEMENT IMPRESSION 3 MAKE UP ARTIST DI KABUPATEN SINTANG MELALUI INSTAGRAM. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Yohana Indah Yasa Ningsih)
181006627_Bab 0.pdf

Download (677kB)
[img] Text
181006627_Bab 1.pdf

Download (656kB)
[img] Text
181006627_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
181006627_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
181006627_Bab 4.pdf

Download (964kB)

Abstract

Manajemen impresi merupakan suatu stratergi yang digunakan oleh seseorang untuk membangun citra diri melalui ekspresi yang ditampilkan di hadapan orang lain dengan tujuan mendapatkan penerimaan sosial. Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer dalam membangun dan menampilkan impresi identitas profesional bagi make up artist. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana ketiga make up artist memanfaatkan instagram sebagai alat untuk membangun impresi profesional mereka di bidang kecantikan. Studi yang digunakanan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara eksploratif. Teori yang digunakan adalah konsep manajemen impresi menurut Leary dan Kowalski, yang meliputi dua proses, yakni impression motivation dan impression construction. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga make up artist menerapkan impression motivation melalui relevansi tujuan dan impresi, nilai serta tujuan yang diinginkan, serta perbedaan citra yang diharapkan dan citra saat ini. Ketiga make up artist juga menggunakan proses impression motivation, di mana mereka menerapkan impression construction melalui pembentukan konsep diri, identitas visual yang ingin ditampilkan, kendala peran, dan nilai-nilai yang menjadi target, serta citra sosial yang potensial. Cara yang dilakukan ketiga make up artist dalam membangun kesan di instagram, yang pertama, membuat konten yang berkualitas. Kedua, konsistensi dalam mengunggah konten. Ketiga, kolaborasi dengan photographer, make up artist dan model. Keempat, membangun personal branding. Kelima, interaksi dengan audiens. Keenam, menghindari citra negatif. Temuan dalam penelitian ini memperkuat pemahaman tentang bagaimana media sosial dapat menjadi wadah dalam membangun impresi dan identitas profesional di era digital.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen impresi, Instagram, Impression motivation dan impression construction.
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 28 May 2025 10:07
Last Modified: 28 May 2025 10:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/34139

Actions (login required)

View Item View Item