PERAN NAMA MEREK BERDASARKAN DIMENSI FUNGSIONAL DAN SIMBOLIS PADA PRODUK SEPATU FUTSAL NIKE DAN ADIDAS

Krisnanto, Alfonsus Bayu (2009) PERAN NAMA MEREK BERDASARKAN DIMENSI FUNGSIONAL DAN SIMBOLIS PADA PRODUK SEPATU FUTSAL NIKE DAN ADIDAS. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EM13784.pdf

Download (703Kb)
[img] Text (Bab I)
1EM13784.pdf

Download (25Kb)
[img] Text (Bab II)
2EM13784.pdf

Download (49Kb)
[img] Text (Bab IV)
4EM13784.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82Kb)
[img] Text (Bab V)
5EM13784.pdf

Download (24Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat produk yang diukur melalui dimensi fungsional (kenyamanan, keamanan, keawetan) dan dimensi simbolis (estetika), dan manfaat nama merek melalui dimensi fungsional (jaminan) dan dimensi simbolis (identifikasi personal, status, identifikasi sosial) pada sepatu futsal merek Nike dan Adidas. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis perbedaan persepsi konsumen pada manfaat produk dan manfaat nama merek berdasarkan dimensi fungsional dan simbolis pada produk sepatu futsal Nike dan Adidas. Dimana hasil dari penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi perusahaan khususnya sepatu olahraga dalam merumuskan strategi penciptaan merek. Pertanyaan-pertanyaan yang digunakan dalam penelitian ini diambil dan diadaptasi dari penelitian sebelumnya yaitu Rio et al., (2001). Penelitian ini menggunakan analisis faktor untuk mengidentifikasi pembagian variabel-variabel manfaat pada produk dan nama merek berdasarkan dimensi fungsional dan simbolis. Uji Independent t-Test digunakan untuk mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara manfaat nama merek dan manfaat produk pada kedua merek sepatu futsal. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah variabel-variabel pada manfaat produk dan nama merek terbagi dan tersusun secara berturut-turut, untuk manfaat pada produk adalah : keawetan, estetika, kenyamanan, dan keamanan. Dan untuk manfaat pada nama merek adalah : jaminan, identifikasi personal, status, dan identifikasi sosial. Penelitian ini juga menemukan perbedaan persepsi konsumen mengenai manfaat produk dan nama merek pada kedua merek sepatu futsal dimana nama merek mempunyai nilai yang lebih tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa nama merek akan dapat menjadi suatu strategi penting (kunci) bagi perusahaan dalam memdapatkan keunggulan diferensial.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: nama merek, ekuitas merek, manfaat merek, manfaat produk, deferensiasi produk
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 31 Jul 2013 10:48
Last Modified: 31 Jul 2013 10:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3437

Actions (login required)

View Item View Item