TABOR, HENDRYK (2009) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EVALUASI KONSUMEN TERHADAP MEREK IMITASI. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0EM15840.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1EM15840.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2EM15840.pdf Download (119kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3EM15840.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
||
Text (Bab IV)
4EM15840.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
||
|
Text (Bab V)
5EM15840.pdf Download (375kB) | Preview |
Abstract
Merek didefinisikan Aaker (1997:9) sebagai “Nama dan atau simbol yang bersifat membedakan (seperti sebuah logo, cap, atau kemasan) dengan maksud mengindentifikasi barang atau jasa dari seorang penjual atau sebuah kelompok penjual tertentu, dengan demikian membedakannya dari barang-barang dan jasa yang dihasilkan para pesaing”. Banyak konsumen yang secara sadar dan sukarela membeli merek imitasi dengan beberapa alasan, antara lain karena harganya lebih murah, kualitas merek imitasi relatif hampir sama dengan merek yang asli, serta prestise yang diperoleh dengan menggunakan merek yang sudah terkenal. Dari hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh keterlibatan produk, familiaritas produk, sensitivitas merek, loyalitas merek, dan sensitivitas harga terhadap evaluasi konsumen pada merek imitasi. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa keterlibatan produk dan loyalitas merek yang dimiliki oleh konsumen pada produk jam tangan merek Levi’s memiliki pengaruh yang signifikan dalam menurunkan (negatif) evaluasi konsumen pada merek imitasi, sedangkan sensitivitas harga memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan (positif) evaluasi konsumen pada merek imitasi. Hasil lain penelitian ini menunjukan bahwa responden memiliki persepsi yang cukup baik atas kualitas jam tangan imitasi merek Levi’s serta memiliki kemampuan yang cukup tinggi untuk membedakan antara jam tangan Levi’s merek asli dengan jam tangan Levi’s merek imitasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterlibatan produk, Familiaritas produk, Sensitivitas merek, Loyalitas merek, Sensitivitas harga, Evaluasi konsumen pada merek imitasi |
Subjects: | Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 31 Jul 2013 12:31 |
Last Modified: | 31 Jul 2013 12:31 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3450 |
Actions (login required)
View Item |