FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EVALUASI KONSUMEN TERHADAP MEREK IMITASI

TABOR, HENDRYK (2009) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EVALUASI KONSUMEN TERHADAP MEREK IMITASI. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0EM15840.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1EM15840.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2EM15840.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3EM15840.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (Bab IV)
4EM15840.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5EM15840.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Merek didefinisikan Aaker (1997:9) sebagai “Nama dan atau simbol yang bersifat membedakan (seperti sebuah logo, cap, atau kemasan) dengan maksud mengindentifikasi barang atau jasa dari seorang penjual atau sebuah kelompok penjual tertentu, dengan demikian membedakannya dari barang-barang dan jasa yang dihasilkan para pesaing”. Banyak konsumen yang secara sadar dan sukarela membeli merek imitasi dengan beberapa alasan, antara lain karena harganya lebih murah, kualitas merek imitasi relatif hampir sama dengan merek yang asli, serta prestise yang diperoleh dengan menggunakan merek yang sudah terkenal. Dari hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh keterlibatan produk, familiaritas produk, sensitivitas merek, loyalitas merek, dan sensitivitas harga terhadap evaluasi konsumen pada merek imitasi. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa keterlibatan produk dan loyalitas merek yang dimiliki oleh konsumen pada produk jam tangan merek Levi’s memiliki pengaruh yang signifikan dalam menurunkan (negatif) evaluasi konsumen pada merek imitasi, sedangkan sensitivitas harga memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan (positif) evaluasi konsumen pada merek imitasi. Hasil lain penelitian ini menunjukan bahwa responden memiliki persepsi yang cukup baik atas kualitas jam tangan imitasi merek Levi’s serta memiliki kemampuan yang cukup tinggi untuk membedakan antara jam tangan Levi’s merek asli dengan jam tangan Levi’s merek imitasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan produk, Familiaritas produk, Sensitivitas merek, Loyalitas merek, Sensitivitas harga, Evaluasi konsumen pada merek imitasi
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 31 Jul 2013 12:31
Last Modified: 31 Jul 2013 12:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3450

Actions (login required)

View Item View Item