PERENCANAAN KOMUNIKASI DALAM PERSIAPAN GO PUBLIC (Desain Perencanaan Komunikasi dalam Hubungan Investor pada Masa Persiapan Pra IPO Sebagai Bagian dari Persiapan Go Public PT. Pertamina Gas Jakarta)

Ayuningtyas, Yovita Anggayasti (2009) PERENCANAAN KOMUNIKASI DALAM PERSIAPAN GO PUBLIC (Desain Perencanaan Komunikasi dalam Hubungan Investor pada Masa Persiapan Pra IPO Sebagai Bagian dari Persiapan Go Public PT. Pertamina Gas Jakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02329.pdf

Download (105Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02329.pdf

Download (159Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02329.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02329.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02329.pdf

Download (58Kb)

Abstract

Hubungan investor merupakan pengkomunikasian informasi Perusahaan dan kegiatan menjalin hubungan dengan publik financial. Salah satu alasan perusahaan berkomunikasi dengan publik finansial adalah karena perusahaan tersebut sedang dalam masa persiapan go public. Tujuan dari komunikasi adalah untuk mengurangi timbulnya pertentangan yang disebabkan oleh adanya perbedaan kepentingan dan harapan masing-masing pihak. Komunikasi yang serasi membutuhkan perencanaan yang matang. Suatu perencanaan tidak dapat telepas dari desain. Desain perencanaan komunikasi adalah garis besar mengenai proses kegiatan persiapan sistematik penyusunan kebijakan yang konsisten untuk menyampaikan pesan antara komunikator dan komunikan dengan maksud menumbuhkan terciptanya persamaan mengenai pesan tertentu untuk mengubah perilaku dan sikap penerima pesan. PT. Pertamina Gas menyebut desain perencanaan komunikasi sebagai pola perencanaan komunikasi. Di dalam karya tulis ini penulis berusaha melihat bagaimana desain perencanaan komunikasi dalam hubungan investor pada masa persiapan pra IPO sebagai bagian dari persiapan go public PT. Pertamina Gas. Penulis memaparkan definisi hubungan investor, fungsi dan peran Departemen Hubungan Pemerintah dan Masyarakat PT. Pertamina Gas dalam persiapan pra IPO dan desain perencanaan komunikasinya. Adapun dalam masa persiapan pra IPO ini publik dari hubungan investor adalah orang atau kelompok yang melakukan investasi ke Perusahaan. Investasi yang dimaksud tidak hanya berupa modal atau aset Perusahaan tetapi juga Peraturan dan Hak Khusus yang mendukung perkembangan usaha. Dari parameter tersebut maka publik hubungan investor PT. Pertamina Gas dipetakan menjadi PT. Pertamina (Persero) dan PT. Pertamina Retail (sebagai pemegang saham Perusahaan), BPH Migas, Ditjen Migas, BP Migas dan Pemerintah Daerah. Hubungan investor tidak terlepas dari komunikasi. Konteks komunikasi dalam hubungan investor yang sedang dikembangkan oleh PT. Pertamina Gas saat ini berada dalam tahap koordinasi dan rujukan-rujukan arahan (seperti konsinyering, courtesy call, RUPS, rapat BOD dan BOC) dan komunikasi dalam bentuk tertulis berupa laporan bulanan yang diberikan kepada pemegang saham. Dalam hubugan investor (terkait dengan persiapan Pra IPO) Departemen Hubungan Pemerintah dan Masyarakat memiliki fungsi manajemen, fungsi komunikasi dan sebagai alat pembentuk opini publik. Peran dan fungsi tersebut diantaranya dilakukan melalui perencanaan komunikasi. Pola perencanaan komunikasi terdiri dari riset, analisis khalayak dan potret masalah, arahan atau kebijakan komunikasi dan landasan komunikasi, strategi komunikasi dan evaluasi. Implementasi dari pola perencanaan komunikasi Perusahaan, selain kegiatan komuniksi yang rutin dilakukan, dengan dana dan tim yang sudah tersedia, Perusahaan ini melihat momentum agenda nasional dan event yang berkembang di luar, serta koordinasi antara Perusahaan dengan khalayak sasaran untuk kemudian dibuat suatu jadwal eksekusi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Aug 2013 13:30
Last Modified: 01 Aug 2013 13:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3467

Actions (login required)

View Item View Item