PENGARUH POSISI PENEMPATAN IKLAN SPOT DI TELEVISI TERHADAP TINGKAT BRAND AWARENESS KHALAYAK

Andwika, Eskarina (2009) PENGARUH POSISI PENEMPATAN IKLAN SPOT DI TELEVISI TERHADAP TINGKAT BRAND AWARENESS KHALAYAK. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02525.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02525.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02525.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02525.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02525.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Posisi Penempatan iklan adalah salah satu strategi yang digunakan dalam memasang iklan. Pada media televisi, posisi penempatan iklan ini dibagi menjadi 3, yaitu Bumper In(First Position), Bumper Out(Last Position) dan Loose Spot TVC(Middle Position). Agar iklan-iklan ang ditayangkan dapat menerpa audiens, maka dibutuhkan beberapa strategi periklanan, salah satunya dengan memanfaatkan posisi penempatan iklan. Ketika audiens dapat mengingat merek yang diiklankan, maka tujuan perikalanan sudah dapat dikatkan berhasil, karena tujuan utama perusahaan mengiklankan produknya adalah untuk mendapatkan kesadaran dari khlayak. Khalayak harus diterpa iklan terlebih dahulu sebelum akhirnya kesadaran merek dapat terbentuk. Maka, frekuensi penayangan iklan pun dibutuhkan untuk mendapatkan kesadaran lebih banyak. Faktor pelupaan seseorang adalah hambatan dari seseorang untuk mengingat merek, maka dari itu memperbanyak frekuensi iklan sangat dibutuhkan. Semakin tinggi tingkat pelupaan yang dikaitkan dengan merek, kategori produk atau pesan, maka semakin tinggi tingkat pengulangan yang diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh Posisi Penempatan Iklan di Televisi terhadap Tingkat Brand Awareness Di Kalangan Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UAJY. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Experimental Pre-test Post-test Control Group terhadap 2 kelompok sampel yang berbeda dengan menggunakan kuesioner sebagai cara untuk memperoleh data. Setelah data primer diperoleh, maka dilakukanlah analisis dengan menggunakan analisis korelasi, regresi, dan Uji T, yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap variabel yang digunakan. Setelah melakukan analisis terhadap data primer tersebut, diperolehl hasil sebagai berikut: a. Posisi Penempatan iklan dapat mempengaruhi tingkat kesadaran merek pada khalayak sebesar 46% b. Posisi Penempatan iklan dan Frekuensi Penayangan iklan mempengaruhi tingkat kesadaran merek pada khalayak sebesar 48,8%. c. Posisi Bumper In (First Position) dan posisi Bumper Out (Last Position) mempengaruhi kesadaran merek pada khalayak sebesar 83,75% d. Posisi Loose Spot TVC mempengaruhi kesadaran merek pada khalayak sebesar 75,09% Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dari penelitian ini, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi saran bagi para pembaca, antara lain: a. Bagi para praktisi periklanan, hendaknya lebih jeli dalam membuat iklan dan mengiklankan produk di media televisi. Hal yang perlu diperhatikan dalam memproduksi iklan di media televisi adalah penggunaan model, penempatan iklan, frekuensi penayangan iklan yang disesuaikan dengan anggaran biaya yang ada. b. Bagi peneliti-peneliti selanjutnya, hendaknya dapat menemukan dan meneliti faktor-faktor lain yang belum dimasukkan kedalam penelitian ini, misalnya faktor pemilihan gaya hidup, motivasi, jenis kelamin atau umur yang merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku seseorang, atau juga mungkin dapat meneliti dengan variabel lain misalnya kredibilitas model, durasi iklan atau menggunakan jenis-jenis iklan lainnya sebagai objek penelitian seperti running text maupun squeeze screen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Aug 2013 08:36
Last Modified: 02 Aug 2013 08:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3472

Actions (login required)

View Item View Item