PENGEMBANGAN PERMAINAN “BOUNCE THE BAR” DOUBLEPLAYER MENGGUNAKAN “JOYSTICK”

Kusumawati, Nelly (2007) PENGEMBANGAN PERMAINAN “BOUNCE THE BAR” DOUBLEPLAYER MENGGUNAKAN “JOYSTICK”. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TF02694.pdf

Download (137Kb)
[img] Text (Bab I)
1TF02694.pdf

Download (103Kb)
[img] Text (Bab II)
2TF02694.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182Kb)
[img] Text (Bab III)
3TF02694.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TF02694.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496Kb)
[img] Text (Bab V)
5TF02694.pdf

Download (1336Kb)

Abstract

Permainan tentu bukan sesuatu yang asing dalam keseharian setiap orang. Dan sebagian besar tujuan dari permainan yang dilakukan adalah untuk memperoleh hiburan, menyegarkan pikiran, bahkan untuk melepaskan penat setelah seharian menjalani rutinitas yang sangat menyita tenaga dan pikiran. Oleh sebab itu dilakukan penelitian untuk membuat perangkat lunak berupa permainan Bounce The Bar yang dimainkan dengan komputer sebagai medianya dan joystick sebagai salah satu pengontrol dalam bermain, selain menggunakan keyboard dan mouse. Bounce The Bar merupakan permainan uji kecepatan dalam bergerak, serta melatih ketepatan dalam memperkirakan arah pergerakan bola setelah dipantulkan. Game ini lebih ditujukan untuk anak-anak yang berusia 7-12 tahun. Pembuatan aplikasi Bounce The Bar ini menggunakan pemrograman Visual Basic 6.0, yang dapat dimainkan sendiri maupun berdua orang, pada komputer yang stand alone, dan menggunakan alat bantu permainan berupa joystick double player, mouse dan keyboard. Elemen multimedia yang digunakan dalam game ini adalah suara, gambar, teks. Aplikasi Bounce The Bar ini terbagi menjadi tiga level permainan, yaitu level mudah, normal, dan sulit. Game ini telah diujikan kepada 30 orang responden sebagai bentuk Pengujian Responden, selain Pengujian Fungsionalitasnya. Dengan berhasilnya dibangun aplikasi Bounce The Bar ini, maka penulis berhasil membangun game doubleplayer dengan menggunakan Visual Basic 6.0 dan joystick, mouse dan keyboard sebagai pengontrolnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: game, Bounce The Ba.r, joystick double player, Visual Basic 6.0.
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Aug 2013 09:55
Last Modified: 22 Aug 2013 09:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3636

Actions (login required)

View Item View Item