PERANCANGAN LAPIS KERAS LANDAS PACU DI KABUPATEN BOVEN DIGOEL PAPUA

Tyas, Rinanda Putrining (2005) PERANCANGAN LAPIS KERAS LANDAS PACU DI KABUPATEN BOVEN DIGOEL PAPUA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS09752.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS09752.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS09752.pdf

Download (683kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS09752.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS09752.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text (Bab V)
5TS09752.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TS09752.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PERANCANGAN LAPIS KERAS LANDAS PACU DI KABUPATEN BOVEN DIGOEL, PAPUA. Rinanda Putrining Tyas, 99.02.09752, tahun 2005, PPS Transportasi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Dengan dimensi runway 1050 m x 20 m, Bandara Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel Papua, tampaknya tidak mampu lagi melayani perkembangan transportasi untuk masa yang akan datang. Kemampuan maximal Bandara Tanah Merah saat ini hanya mampu melayani operasional penerbangan pesawat terbang sejenis DHC-6 dan HS-748. Oleh karena itu penulis merencanaan Bandar Udara dengan pembebanan pesawat yang lebih besar dalam hal ini dipakai pesawat Fokker F27 Mk500. Dengan perencanaan ini secara langsung meningkatkan kelas operasional Bandara Tanah Merah dari kelas D menjadi bandara kelas C, yang diharapkan dapat digunakan untuk kepentingan pemerintah daerah tingkat II Boven Digoel serta sebagai pemasukan bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam pelaksanaan pengembangan Bandar Udara Tanah Merah, Boven Digoel, Papua. Perancangan tebal perkerasan runway, taxiway, dan apron menggunakan metoda yang diakui oleh ICAO (International Civil Asociation Organitation), yaitu metoda LCN (Load Classification Number) yang perhitungannya berdasarkan pads nilai CBR subgrade. Penelitian CBR subgrade ini dilakukan ± selama dua bulan dari bulan Januari hingga bulan Februari di Laboratorium Mekanika Tanah Fakultas Teknik Atma Jaya Yogyakarta. Hasil penelitian didapat nilai CBR subgrade sebesar 6 %. Analisis dilakukan segera setelah didapat nilai CBR sampai pads bulan Agustus. Berdasarkan hasil penelitian, analisa dan pembahasan yang dilakukan oleh penulis didapat kesimpulan bahwa Bandara Tanah Merah termasuk dalam tipe non-instrument runway 3 C yang mampu didarati pesawat terbang F-27 dan sejenisnya. Dengan tebal perkerasan runway, taxiway, apron sebesar 35 cm. Untuk Spesifikasi landasan didasarkan pada Aerodrome References Code Annex-14 dengan penyesuaian menurut kondisi sekitar Bandara Tanah Merah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fokker F27 Mk 500, Nilai CBR Subgrade, Perkerasan Lentur, Sisi Udara (Runway, Taxiway, Apron), Metode LCN (Load Classification Number).
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Sep 2013 08:50
Last Modified: 03 Sep 2013 08:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3670

Actions (login required)

View Item View Item