PENGEMBANGAN APLIKASI GAME KARAMBOL 3 DIMENSI

Iriyanto, Roni (2007) PENGEMBANGAN APLIKASI GAME KARAMBOL 3 DIMENSI. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TF03640.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TF03640.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TF03640.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TF03640.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (Bab IV)
4TF03640.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5TF03640.pdf

Download (659kB) | Preview

Abstract

Permainan atau yang biasa disebut game sangat digemari. oleh semua kalangan baik anak kecil sampai dengan orang dewasa dimana saja, hal. mill membuat perkembangan game sangat ccpat. Saat ini banyak sekali game-game yang telah beredar di pasaran, akan tetapi game karambol masili sulit diLemukan meskipun perkembangan multimedia di jaman sekarang terus menerus berkembang. Bermain game di komputer saat ini dapat dimainkan tidak hanya 1 pemain, tetapi bisa 2, 4 dan bahkan bisa puluhan pemain. Untuk pengendali permainan pun yang awalnya menggunakan keyboard sekarang mulai banyak yang beralih menggunakan gamepad. Dari berbagai keadaan tersebut, maka penyusun akan Mengembangkan aplikasi game yaitu game 3D karambol berbasis multimedia dengan menggunakan gamepad sebagai pengendalinya. Pembuatan aplikasi game 3D karambol berbasis multimedia ini menggunakan pemrograman Visual Basic 6.0, yang dimainkan oleh 2 orang dalam satu l.ayar komputer yang stand alone, dan menggunakan alat bantu pengendalian berupa gamepad. Elemen multimedia yang digunakan dalam game ini adalah suara, gambar, teks, dan animasi sehingga siapapun akan semakin tertarik untuk bermain game 3D karambol. Game ini tidak ditujukan untuk usia tertentu karena itu siapapun dapat memainkan game tersebut. Game ini juga dapat menjadi alternatif lain untuk bermain karambol dengan komputer selain bermain dengan menggunakan media papan karambol. Game 3D karambol ini telah diuji menggunakan dua metode, yaitu pengujian semua fungsionalitas aplikasi yang dilakukan oleh pembuat program dan pengujian kepada 31 responden. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi G3DK telah berhasil dikembangkan, yaitu berupa game 3D karambol berbasis multimedia dengan menggunakan gamepad sebagai alat inputnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : game, gamepad, karambol, multimedia, 3D.
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Aug 2013 08:45
Last Modified: 26 Aug 2013 08:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3673

Actions (login required)

View Item View Item