PENGEMBANGAN APLIKASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN HEWAN MENGGUNAKAN VRML

Maharani, Aulia Yuli (2007) PENGEMBANGAN APLIKASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN HEWAN MENGGUNAKAN VRML. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TF03873.pdf

Download (182Kb)
[img] Text (Bab I)
1TF03873.pdf

Download (90Kb)
[img] Text (Bab II)
2TF03873.pdf

Download (228Kb)
[img] Text (Bab III)
3TF03873.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TF03873.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855Kb)
[img] Text (Bab V)
5TF03873.pdf

Download (1560Kb)

Abstract

Media pembelajaran anak dengan menggunakan komputer saat ini menjadi salah satu alternatif pilihan dalam : dunia pendidikan. Pesatnya perkembangan teknologi terutama dunia komputer dan internet mendorong masyarakat kemudian beralih pada metode pembelajaran dengan menggunakan media komputer. Metode pembelajaran ini dirasa lebih menarik karena didukung oleh aspek-aspek multimedia (audio, video, teks, animasi dan grafik), sehingga menjadi lebih mudah diterima, interaktif dan lebih bersifat user-friendly. Namun sayangnya, media pembelajaran dengan teknologi komputer masih lebih banyak dikembangkan untuk anak-anak normal dimana mereka tidak memiliki kekurangan khusus. Sedangkan untuk anak-anak berkebutuhan khusus seperti tuna rungu dan tuna wicara, masih sangat jarang ditemui. Melihat fakta yang terjadi dan karena tertarik mengembangkan topik tugas akhir mahasiswa Atma Jaya sebelumnya yang mengambil topik pembelajaran bahasa isyarat juga, maka penulis tertarik untuk mengembangkan topik yang sudah ada untuk membuat suatu aplikasi pembelajaran bahasa isyarat bagi anak-anak Sekolah Dasar tuna rungu dan wicara yang berhubungan dengan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi komputer dengan judul PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BABASA ISYARAT UNTUK ANAK TUNA RUNGU DAN WICARA DENGAN VISUALISASI 3D dengan nama sistemnya Sistem Bahasa Isyarat (Sibarat). Dalam membuat Sibarat yang berbasis multimedia dan komputer ini, diperlukan suatu program yang dapat memkombinasikan aspek-aspek multimedia dalam sebuah komputer yang interaktif. Untuk itu penulis menggunakan bahasa pemerograman Macromedia Flas MX dengan sistem informasinya Windows 95 ke atas, dan untuk membuat visualisasi 3Dnya, penulis menggunakan POSER yang memungkinkan pembuatan animasi 3D. Program ini diujikan kepada anak-anak Sekolah Luar Biasa (SLB) setingkat sekolah dasar yang berasal dari SLB Yapenas Jl. Sepakbola Nglaren Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : multimedia, pembelajaran, bahasa isyarat, 3D, tuna rungu dan wicara.
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2013 08:23
Last Modified: 05 Sep 2013 08:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3802

Actions (login required)

View Item View Item