AFIANI, FINA (2013) PENGARUH PENGALAMAN EMOSIONAL DAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP TINGKAT KESETIAAN MEREK (Studi Eksplanatif Kuantitatif tentang Pengalaman Emosional Membeli Produk dari McDonald’s Indonesia Berdasarkan Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Tingkat Kesetiaan Konsumen McDonald’s Indonesia di Store McDonald’s Jl. Jendral Sudirman Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03760.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03760.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2KOM03760.pdf Download (683kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3KOM03760.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03760.pdf Download (327kB) | Preview |
Abstract
Dunia waralaba semakin hari, semakin berkembang dizaman ini, persaingan untuk merebutkan hati pelanggan sehingga tercipta loyalitas konsumen semakin gencar dilakukan. Perusahaan tidak hanya berbicara mengenai bagaimana agar konsumen membeli produk secara berulang melainkan bagaimana sebuah perusahaan mampu untuk menyentuh emosional konsumen dan menciptakan kepuasan maksimal bagi konsumennya sehingga tidak mudah berpindah ke merek lain. Pentingnya menumbuhkan pengalaman emosional yang baik dan berkesan serta ditambah dengan kepuasan yang konsumen peroleh ketika melakukan pembelian dan konsumsi produk menjadi salah satu kunci dalam menciptakan kesetiaan konsumen tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Pengalaman Emosional Dan Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Tingkat Kesetiaan Merek (Studi Eksplanatif Kuantitatif Tentang Pengalaman Emosional Membeli Produk dari McDonald’s Indonesia Berdasarkan Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Tingkat Kesetiaan Konsumen McDonald’s Indonesia di Store Mcdonald’s Jl. Sudirman Yogyakarta). Penelitian menggunakan teori komunikasi disonansi kognitif sebagai teori utama dan teori lain mengenai komunikasi pemasaran dan merek, teori lain yang digunakan brand, pengalaman emosional dengan merek, brand satisfaction,dan brand loyalty. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Populasi yang diambil dalam penelitian ialah konsumen McDonald’s Indonesia store Jl. Jendaral Sudirman Yogyakarta dengan jumlah responden sebanyak 84 orang. Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh jika pengalaman emosional membeli produk McDonald’s Indonesia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kesetiaan konsumen dan variabel kontrol yaitu tingkat kepuasan konsumen memiliki pengaruh terhadap tingkat kesetiaan konsumen. Pengaruh antara kedua variabel semakin kuat jika ditambah dengan adanya variabel tingkat kepuasan konsumen. Hal ini menandakan jika pengalaman emosional berinteraksi secara langsung dengan merek serta pengaruh dari kepuasan yang dicapai konsumen akan memiliki kontribusi dalam membangun kesetiaan konsumen terhadap merek McDonald’s Indonesia.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: pengalaman emosional, tingkat kepuasan konsumen, tingkat kesetiaan merek. |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 20 Sep 2013 10:01 |
Last Modified: | 20 Sep 2013 10:02 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3895 |
Actions (login required)
View Item |