PENILAIAN KONSUMEN TERHADAP KREDIBILITAS ENDORSER DAN PENGARUHNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK REXONA

Natali, Henny Kurnia (2006) PENILAIAN KONSUMEN TERHADAP KREDIBILITAS ENDORSER DAN PENGARUHNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK REXONA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0EM12709.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1EM12709.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2EM12709.pdf

Download (966kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3EM12709.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4EM12709.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian konsumen terhadap tingkat kredibilitas endorser pads iklan Rexona; mengetahui perbedaan penilaian konsumen terhadap kredibilitas endorser pads iklan Rexona berdasarkan jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, dan pekerjaan; dan mengetahui pengaruh kredibilitas endorser terhadap keputusan pembelian konsumen untuk produk Rexona. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden yang merupakan konsumen dalam wilyah Kota Yogyakarta yang pernah melihat iklan Rexona dengan model iklan Dewi Sandra yang ditayangkan di televisi, responden berusia 13 sampai 40 tahun. Analisis data menggunakan analisis persentase, analisis arithmatic mean, analisis Chi ,.Square, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden terbanyak pada penelitian ini adalah wanita sebanyak 59%, berusia 16-20 tahun sebanyak 39%, berpmfesi sebagai pelajar/mahasiswa sebanyak 67%, dan mempunyai pendapatan per bulan Rp 500.000 - Rp 1.000.000 sebanyak 51%. Analisis penilaian responden berdasarkan arithmaiic mean diperoleh rata-rata total untuk faktor expertise sebesar 3,83, faktor trustworthiness sebesar 3,49, dan faktor attractiveness sebesar 4,01. Hal ini menunjukkan bahwa penilaian responden terhadap faktor-faktor kredibilitas endorser untuk faktor expertise adalah termasuk kategori balk, faktor trustworthiness termasuk kategori cukup baik, dan faktor attractiveness tennasuk kategori baik. Analisis perbedaan penilaian responden berdasarkan Analisis Chi .Square menunjukkan bahwa ada perbedaan penilaian faktor expertise berdasarkan jenis pekerjaan responden (fr'0,05). Ada perbedaan penilaian faktor trustworthiness berdasarkan tingkat usia responden (p40,05). Ada perbedaan penilaian faktor attractiveness berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan pendapatan perbulan responden (p<0,05). Analisis pengaruh kredibilitas endorser terhadap keputusan pembelian berdasarkan analisis regresi linear berganda menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara faktor-faktor kredibilitas endorser yang terdiri dari faktor expertise, faktor trustworthiness, dan faktor attractiveness terhadap keputusan pembelian produk Rexona bark secara individu maupun secara simultan (p<0,05). Besarnya pengaruh dapat dilihat dari nilai Rz sebesar 0,373, artinya keputusan pembelian dipenganuhi sebesar 37,3% oleh faktor expertise, faktor trustworthiness, dan faktor attractiveness.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Oct 2013 09:10
Last Modified: 14 Oct 2013 09:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4040

Actions (login required)

View Item View Item