PRAKTIK-PRAKTIK PENENTUAN BIAYA PRODUK PADA 10 PERUSAHAAN KECIL MENENGAH DI YOGYAKARTA

LINDUNGAN, BHINNA RAMANIYA (2012) PRAKTIK-PRAKTIK PENENTUAN BIAYA PRODUK PADA 10 PERUSAHAAN KECIL MENENGAH DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EA17414.pdf

Download (535Kb)
[img] Text (Bab I)
1EA17414.pdf

Download (99Kb)
[img] Text (Bab II)
2EA17414.pdf

Download (129Kb)
[img] Text (Bab III)
3EA17414.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96Kb)
[img] Text (Bab IV)
4EA17414.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128Kb)
[img] Text (Bab V)
5EA17414.pdf

Download (5Mb)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada 10 perusahaan kecil menengah yang berada di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik-praktik penentuan biaya produk yang telah dilakukan perusahaan kecil menengah selama ini. Selain itu, untuk mengetahui apakah praktik penentuan biaya produk yang telah dilakukan sudah sesuai dengan teori akuntansi yang ada. Data diperoleh dengan cara wawancara pada observasi, wawancara, dan studi pustaka. Alat analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui 3 komponen perhitungan biaya produk, yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead. Berdasarkan hasil analisis, maka disimpulkan bahwa praktik penentuan biaya produk yang dilakukan perusahaan kecil menengah belum sesuai dengan teori akuntansi. Dilihat dari praktik penentuan 3 komponen itu. Lebih dari 50% perusahaan kecil menengah tersebut tidak sesuai dalam praktik penentuan yang berkaitan dengan biaya bahan baku dan biaya overhead pabrik. Namun, praktik penentuan biaya produk yang berkaitan dengan biaya tenaga kerja langsung lebih dari 50% perusahaan tersebut sudah sesuai dengan teori akuntansi. Namun, perlakuan pada biaya tunjangan masih lebih dari 50% belum sesuai dengan teori akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Praktik Penentuan Biaya Produk, Biaya Produk, Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja Langsung, Biaya Overhead Pabrik, Deskriptif kualitatif
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Apr 2013 08:42
Last Modified: 03 May 2013 11:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/411

Actions (login required)

View Item View Item