Rusyan, Shabrina Ayulia (2013) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENANGANAN KELUHAN PELANGGAN DI PT NASMOCO BAHTERA MOTOR. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03803.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03803.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2KOM03803.pdf Download (139kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3KOM03803.pdf Restricted to Registered users only Download (763kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03803.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini akan membahas mengenai strategi komunikasi dalam penanganan keluhan pelanggan di PT. Nasmoco Bahtera Motor yang menggunakan jenis penelitian kualitatif dan metode penelitian studi kasus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi dalam penanganan keluhan pelanggan di PT Nasmoco Bahtera Motor. Harapannya adalah penelitian ini dapat memberikan pengetahuan bagi dunia luar mengenai kasus strategi komunikasi dalam penanganan keluhan pelanggan. Penelitian ini ditujukan kepada pelanggan. Upaya yang dilakukan PT. Nasmoco Bahtera Motor ini adalah membuat sebuah konsep strategi komunikasi yang dikhususkan untuk penanganan keluhan pelanggan. Strategi komunikasi continuous improvement follow up merupakan strategi komunikasi yang digunakan untuk melakukan perbaikan berkelanjutan pada setiap aspek yang dikeluhkan oleh pelanggan. Penyusunan strategi komunikasi ini malalui sebuah rancangan, mulai dari tahap persiapan, memilih karyawan yang berwenang, memilih metode, penyusunan pesan, memilih media. Pesan yang ingin disampaikan kepada pelanggan adalah bahwa perusahaan akan melakukan continuous improvement untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Di dalam konsep tersebut terdapat tujuh nilai sebagai pedoman untuk bertindak, antara lain adalah challenge, kaizen, genci genbutsu, respect, teamwork, excellent service, disipline and integration. Tahapan yang digunakan dalam strategi komunikasi ini adalah melalui serangkaian alur handling customer complaint, yaitu awal mulanya melakukan survey customer satisfaction level, diskusi internal untuk mengkroscek dan mengetahui permasalahan pelanggan, melakukan in-depth interview dan focus group disscusion kepada pelanggan untuk menyelesaikan complaint yang diajukan pelanggan, melakukan reporting ke pusat, dan melakukan evaluasi di dealer.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi, handling customer complaint, customer relations, dan kualitatif |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 13 Nov 2013 08:00 |
Last Modified: | 13 Nov 2013 08:00 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4263 |
Actions (login required)
View Item |