EVALUASI PUBLISITAS UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

Krisdiyati , Agata Sri EVALUASI PUBLISITAS UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA. Jurnal Ilmu Komunikasi. pp. 1-15.

[img]
Preview
Text
jurnal evaluasi publisitas UAJY.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan dari pelaksanaan media relations adalah untuk mencapai publisitas yang maksimum. Publisitas yang dilakukan oleh Public Relations diharapkan mampu meningkatkan jumlah pemberitaan positif di media massa agar terbentuk opini yang positif. Hasil (output) publisitas di media adalah pemberitaan. Pemberitaan di media tersebut dapat dijadikan salah satu tolak ukur keberhasilan program media relations melalui evaluasi. Maka, tulisan ini ingin menggambarkan evaluasi output publisitas yang dijalankan oleh UAJY melalui metode analisis isi. Berdasarkan penelitian, melalui analisis isi perbandingan press release dan pemberitaan, praktisi Public Relations dapat mengetahui kesesuaian kecenderungan isi pemberitaan dengan yang diharapkan Public Relations dalam release. Kesesuaian hasil publisitas ini juga akan menunjukkan keberhasilan program media relations dilihat dari outputnya. Hasil evaluasi dapat dijadikan panduan untuk menentukan strategi dalam peningkatan publisitas di media untuk mencapai tujuan media relations yang diinginkan, yakni pemberitaan yang maksimum.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: publisitas, press release, berita, media relations
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Nov 2013 11:25
Last Modified: 14 Mar 2014 09:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4281

Actions (login required)

View Item View Item