Sari, Yonita Prateka (2013) PENGARUH TERPAAN INFORMASI MELALUI INTERNET TENTANG PARIWISATA TERHADAP MOTIVASI KOMUNITAS PENGGEMAR TRAVELING BERKUNJUNG KE YOGYAKARTA (Studi Eksplanatif Pada Website Www.Jogjatrip.Com Di Kalangan Anggota Komunitas Backpacker Malang Raya). Jurnal Ilmu Komunikasi. pp. 1-13.
|
Text
Jurnal.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan media saat ini sudah sangat pesat. Dengan adanya media internet, seperti website yang mampu menyebarkan informasi secara global, dan tidak lekang oleh waktu, penyebaran informasi pun dapat dilakukan dengan sangat mudah. Kondisi ini ditangkap dengan jeli oleh para pemerhati pariwisata dan budaya Yogyakarta. Kelebihan website yang mampu melewati jarak dimanfaatkan sebagai media promosi pariwisata Yogyakarta, untuk menarik para wisatawan dan penggemar traveling baik lokal, nasional, maupun internasional berkunjung ke Yogyakarta. Salah satu website yang memuat informasi mengenai pariwisata dan budaya Yogyakarta adalah www.jogjatrip.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan informasi media internet tentang pariwisata terhadap motivasi komunitas penggemar traveling berkunjung ke Yogyakarta. Terdapat 2 variabel dalam penelitian ini, yaitu tingkat terpaan informasi internet sebagai variabel bebas atau independent, dan tingkat motivasi penggemar traveling berkunjung ke Yogyakarta sebagai variabel terikat atau dependent. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah Teori S-O-R. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling (sampling dengan maksud tertentu) berjumlah 30 responden. Sampel diambil dari sebuah grup komunitas penggemar traveling di media sosial facebook yaitu Komunitas Backpacker Malang Raya (KBMR). Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode uji regresi linier sederhana dan uji koefisien regresi. Uji regresi digunakan untuk mengetahui pengaruh yang terjadi antara variabel terikat dan variabel bebas sedangkan uji koefisien regresi digunakan untuk mengetahui kuat atau lemahnya pengaruh variabel terhadap variabel bebas. Hasil penelitian ini adalah tingkat terpaan informasi media internet mempengaruhi tingkat motivasi penggemar traveling berkunjung ke Yogyakarta. Dibuktikan dari nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0.001, dengan nilai R sebesar 0,572, dan mempunyai pengaruh dalam taraf sedang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 14 Nov 2013 08:50 |
Last Modified: | 13 Mar 2014 13:34 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4287 |
Actions (login required)
View Item |