FAKTOR-FAKTOR YANG BERPERAN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SABUN MANDI (Studi Etnografi tentang Faktor-Faktor yang Berperan dalam Keputusan Pembelian Produk Sabun Mandi di Kalangan Seminaris Seminari Menengah Mertoyudan)

Adhitya, Doni Priza (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPERAN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SABUN MANDI (Studi Etnografi tentang Faktor-Faktor yang Berperan dalam Keputusan Pembelian Produk Sabun Mandi di Kalangan Seminaris Seminari Menengah Mertoyudan). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03284.pdf

Download (1635Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03284.pdf

Download (394Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03284.pdf

Download (344Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03284.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2102Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03284.pdf

Download (1292Kb)

Abstract

Sebagai lembaga pendidikan calon imam yang sudah berusia 100 tahun, Seminari Mertoyudan merupakan salah satu sekolah asrama dengan peraturan ketat, mulai dari studi, peralatan elektronik, keuangan, waktu, hiburan, kerohanian, dan aturan lainnya. Seminaris dihadapkan pada beragam peraturan dan kebudayaan yang berbeda dari kehidupan sebelumnya di lingkungan keluarga mereka. Demikian pula dengan perilaku seminaris sebagai konsumen. Di tengah persaingan industri sabun mandi yang menempati urutan ke-4 market size, seminaris dihadapkan dengan berbagai pilihan sabun mandi. Akses informasi terhadap media massa yang terbatas membuat pemrosesan informasi yang diproses oleh seminaris menjadi lebih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berperan dalam pengambilan keputusan pembelian produk sabun mandi di kalangan seminaris Seminari Menengah Mertoyudan dan mengetahui bagaimana proses pengambilan keputusan pembelian produk sabun mandi tersebut dilakukan. Penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan studi etnografi dengan metode observasi partisipan dan wawancara mendalam guna mendapatkan faktor-faktor lain yang berperan dalam keputusan pembelian. Kesimpulan yang didapatkan adalah faktor dominan yang berperan dalam pembelian sabun mandi seminaris adalah penerimaan sosial, harga, dan tempat berbelanja. Faktor pemrosesan informasi, faktor pengaruh lingkungan, faktor perbedaan individu, dan faktor proses keputusan juga turut berperan dalam keputusan pembelian sabun mandi seminaris.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keyword : Perilaku konsumen, Faktor keputusan pembelian, Seminaris Seminari Mertoyudan, Etnografi
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Nov 2013 13:06
Last Modified: 14 Nov 2013 13:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4315

Actions (login required)

View Item View Item