Studi Etnografi tentang Faktor-Faktor yang Berperan dalam Keputusan Pembelian Produk Sabun Mandi di Kalangan Seminaris Seminari Menengah Mertoyudan

Adhitya, Doni Priza Studi Etnografi tentang Faktor-Faktor yang Berperan dalam Keputusan Pembelian Produk Sabun Mandi di Kalangan Seminaris Seminari Menengah Mertoyudan. Jurnal Ilmu Komunikasi. pp. 1-13.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (86Kb)

Abstract

Seminari Mertoyudan merupakan salah satu sekolah asrama dengan peraturan ketat, mulai dari studi, peralatan elektronik, keuangan, waktu, hiburan, kerohanian, dan aturan lainnya. Seminaris dihadapkan pada beragam peraturan dan kebudayaan yang berbeda dari kehidupan sebelumnya di lingkungan keluarga mereka. Seminaris dihadapkan dengan berbagai pilihan sabun mandi di tengah persaingan industri sabun mandi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berperan pengambilan keputusan pembelian produk sabun mandi di kalangan seminaris Seminari Menengah Mertoyudan dan mengetahui bagaimana proses pengambilan keputusan tersebut dilakukan. Penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan studi etnografi dengan metode observasi partisipan dan wawancara mendalam. Kesimpulan yang didapatkan adalah faktor dominan yang berperan dalam pembelian sabun mandi seminaris adalah penerimaan sosial, harga, dan tempat berbelanja. Faktor pemrosesan informasi, faktor pengaruh lingkungan, faktor perbedaan individu, dan faktor proses keputusan juga turut berperan dalam keputusan pembelian sabun mandi seminaris.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keyword : Perilaku konsumen, Faktor keputusan pembelian, Seminaris Seminari Mertoyudan, Etnografi
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Nov 2013 13:07
Last Modified: 13 Mar 2014 13:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4316

Actions (login required)

View Item View Item