Sari, Irma Vidya (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT BRAND IMAGE SEPEDA PADA KOMUNITAS JOGJA LAST FRIDAY RIDE. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03385.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03385.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2KOM03385.pdf Download (170kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3KOM03385.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03385.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pada tahun 2008 sampai saat ini banyak bermunculan sepeda di kota Yogyakarta, sehingga banyaknya persaingan produksi sepeda dan terdapat beberapa komunitas sepeda sehingga banyak event-event funbike yang berkembang. Penelitian ini menggunakan Path Analysis unutk menguji coba faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat Brand image. Populasi penelitian ini dilakukan pada komunitas Gowes JLFR, yang berjumlah 311 dan sampel yang digunakan 80 orang. Metode pengumpulan data dengan kuesioner online. Metode analisis data menggunakan Path Analisis.variabel penelitian yang digunakan adalah variabel promosi, kebutuhan, keputusan membeli, keterlibatan d, pengalaman dan brand image. Teori komunikasi yang digunakan unutk menjelaskan faktor yang mempengaruhi brand image yaitu SOR ( stimulus organism respon) dari De Flure (Sumartono, 2002:43). Teori ini mengemukakan setiap efek yang menimbulkan tingkah laku dapat dimengerti melalui analasis stimuli yang diberikan dapat mempengaruhi reaksi yang spesifik dan didukung oleh penghargaan sesuai reaksi yang terjadi. Teori ini menggunakan teori perilaku konsumen dan pengambilan keputusan dari Lesie Kanuk dan Sciffman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh dari antarvariabel dalam penelitian ini melewati jalur promosi mempengaruhi tingkat kebutuhan, kebutuhan mempengaruhi tingkat keterlibatan, keterlibatan mempengaruhi keputusan membeli, keputusan membeli mempengaruhi pengalaman, pengalaman mempengaruhi brand image, kebutuhan mempengaruhi brand image. Pengaruh secara teoritis berkaitan ada, yaitu efek tidak langsung dari tingkat keputusan membeli terhadap tingkat brand image. Pengalaman mengkonsumsi variabel yang mempengaruhi varibael tingkat brand image. Dilihat dari direct effect, indirect effect dan total effect. Pengaruh terbesar atau yang paling mempengaruhi dalam brand image sepeda Polygon yaitu variabel pengalaman menggunakan produk terhadap tingkat brand image yang mempunyai jumlah total efek sebesar 0,61911467. Saran unutk penelitian adalah secara akademis adalah kegiatan dalam mengkomunikasikan pesan melalui iklan Polygon lebih dikembangkan supaya semakin banyak konsumen yang lebih mengetahui merk Polygon dan brand image Polygon semakin kuat. Tujuannya untuk memperoleh informasi tetang sejumlah yang dianggap mewakili populasi tertentu, dalam mencari informasi dan data mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi brand image. Tingkat brand image yang terbentuk dalam penelitian ini apabila digeneralisasikan masuk kategori rendah, yaitu kesan umum mengenai sepeda Polygon.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Brand image, tingkat kebutuhan, tingkat keterlibatan, keputusan membeli, pengalaman menggunakan produk. |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 15 Nov 2013 08:06 |
Last Modified: | 15 Nov 2013 08:06 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4321 |
Actions (login required)
View Item |