PERANCANGAN STRUKTUR KOMPOSIT PERKERASAN DI LENGAN SEBELAH TIMUR PERSIMPANGAN JALAN PALAGAN DAN RING ROAD UTARA YOGYAKARTA

., Sukandar (2013) PERANCANGAN STRUKTUR KOMPOSIT PERKERASAN DI LENGAN SEBELAH TIMUR PERSIMPANGAN JALAN PALAGAN DAN RING ROAD UTARA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS13333.pdf

Download (1029Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS13333.pdf

Download (312Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS13333.pdf

Download (221Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS13333.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS13333.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS13333.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1582Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TS13333.pdf

Download (3476Kb)

Abstract

PERANCANGAN STRUKTUR KOMPOSIT PERKERASAN DI LENGAN SEBELAH TIMUR PERSIMPANGAN JALAN PALAGAN RING ROAD UTARA YOGYAKARTA, Sukandar, NPM 09 02 13333, Tahun 2013, PKS Transportasi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Ruas jalan di persimpangan lampu merah merupakan tempat berhentinya kendaraan berat secara bersamaan. Kendaraan berat tersebut memberi tekanan pada perkerasan khususnya pada saat berhenti dan pada saat mulai bergerak mengakibatkan deformasi. Kerusakan pada jalan tersebut berulang kali diperbaiki namun tetap kembali rusak. Sehingga situasi ini tidak menyelesaikan masalah kerusakan pada jalan itu sendiri. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk mencari alternatif penyelesaian guna mengatasi kerusakan jalan berupa deformasi akibat kendaraan berat yang melintas. Data penelitian diperoleh dari hasil survei lapangan, yaitu dengan melakukan pengukuran geometrik jalan dan survei kendaraan berdasarkan jenis kendaraan yang melintas di ruas jalan. Survei dilaksanakan selama tiga hari, yaitu hari Minggu, Selasa dan Jumat pada tanggal 5, 7, dan 10 Mei 2013. Pengamatan dilakukan tiga kali dalam sehari yaitu Pagi (pukul 06.00 – 08.00 WIB), Siang (pukul 11.30 – 13.30 WIB) dan Sore (pukul 16.00 – 18.00 WIB). Data hasil survei digunakan untuk merancang perkerasan komposit untuk menahan beban kendaraan berat yang melintas di ruas jalan lokasi penelitian. Hasil pengukuran di lapangan diperoleh ukuran geometrik jalan dengan ukuran panjang dan lebar yaitu 72 x 12 m. Hasil perhitungan diperoleh dimensi pelat beton ukuran (3 x 3 m) persegmen dengan jumlah 96 segmen, dan tebal pelat beton masing-masing 20 cm. Tulangan pelat yang digunakan D12 – 150. Kemudian ukuran plat baja lembaran yang dipasang dalam pelat beton adalah ukuran 3048 x 1524 x 8 mm. Penghubung geser yang digunakan D16 dengan panjang 80 mm. Sambungan melintang (dowel) 1000D25 – 300 dengan panjang dowel 350 mm, sambungan memanjang (tie bar) 480D12 – 750 dengan panjang tie bar 600 mm. Dari hasil analisis diketahui bahwa penambahan pelat baja lembaran dapatmengatasi deformasi yang terjadi dan mengatasi geser pons pada pelat beton. Letak pelat baja lembaran dalam pelat beton diberi shear connector guna mengatasi geser pada pelat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : survei, deformasi, komposit, shear connector, dowel, tie bar.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Nov 2013 08:43
Last Modified: 22 Nov 2013 08:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4400

Actions (login required)

View Item View Item